IMPLEMENTASI FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS DI SLB HARMONI SIDOARJO
IMPLEMENTATION OF FINGER PAINTING ON THE FINE MOTOR ABILITIES OF AUTISM CHILDREN AT SLB HARMONI SIDOARJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kegiatan Finger Painting dalam mengembangkan motorik halus anak autis. Kegiatan Finger Painting merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motoric halus anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental subjek Tunggal. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak autis dengan cara mengimplementasikan kegiatan Finger painting di SLB Harmoni Sidoarjo. Dalam penelitian ini, kemampuan motorik halus murid autis kelas II di SLB Harmoni Sisoarjo mengalami kesulitan dalam kondisi awal. Namun, setelah diberikan perlakuan khusus, kemampuan motoric halus mereka meningkat menjadi karegori tinggi. Peningkatan ini juga terlihat setelah perlakuan diberikan. Secara keseluruhan, terjasi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motoric halus murid autis kelas II di SLB Harmoni Sidoarjo.
This research aims to determine finger painting activities in developing fine motor skills in autistic children. Finger painting is an activity that can develop children's fine motor skills. The research method used in this research uses quantitative methods with a single subject experimental design. This research seeks to reveal whether there is an increase in the fine motor skills of children with autism by implementing finger painting activities at SLB Harmony Sidoarjo.
In this study, the fine motor skills of class II autistic students at SLB Harmoni Sidoarjo were very low in initial conditions. However, after being given special treatment, their fine motor skills improved to the high category. This increase was also visible after the treatment was given. Overall, there was a significant increase in the fine motor skills of class II autistic students at SLB Harmoni Sidoarjo.