Permainan ular tangga merupakan permainan yang dimain kanoleh dua orang atau lebih dengan mengunakan papan permainan, yang mana papan permainan tersebut digunakan sebagai media penyuluhan tentang sarapan. Penelitian ini bertujuan 1 Mengetahui perubahaan pengetahuan siswa SDNJati kecamatan Tarokan Kediri setelah penyuluhan sarapan dengan media permainan ular tangga. 2 Mengetahui responsiswa SDN Jati kecamatan Tarokan Kediri terlaksana penyuluhan sarapan dengan media permainanulartangga. 3 Mengetahui keefektifan penyuluhan sarapan dengan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa SDN Jati kecamatan Tarokan Kediri. Jenis penelitian adalah quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan pre test treatmen post test. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebasadalah penggunaan media permainan ular tangga tentang sarapan, variabel terikatadalah perubahan pengetahuan siswa dan orang tua, dan respon siswa dan orang tua setelah penyuluhan berlangsung. Analisis data dilakukan dengan statistik bantuan SPSS uji T.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkat pengetahuan siswa dan orang tua sebesar 32,56 untuk siswa dan 32,95 untuk orang tua, dan menunjukan bahwa adanya nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 karena p< 0,0. Hasil responsiswa dan orang tua termasuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan penggunaan media permainan ular tangga efektif sebagai media penyuluhan tentang sarapan terhadap siswa dan orang tua di SDN Jati Kecamatan Tarokan Kediri.
Snakes and ladders game is a game that is played by two or more people using board games, which are used as a media counseling about breakfast. This study aims to 1 Determine the change in knowledge of students of SDN Jati Sub-district of Tarokan Kediri after counseling breakfast with snake ladder media. 2 Knowing the response of students of SDN Jati, Tarokan Kediri subdistrict, breakfast counseling was carried out using snakes and ladders game media. 3 Determine the effectiveness of breakfast counseling by using a snake ladder media game on students of SDN Jati Sub-district of Tarokan Kediri. This type of research is quasi experimental. The study design used was pre-test post-test treatments. The variables in this study include the independent variable is the use of snakes and ladders game media about breakfast, the dependent variable is the change in the knowledge of students and parents, and the response of students and parents after counseling takes place. Data analysis was performed with SPSS statistical assistance of T. test. The results showed that there were increased knowledge of students and parents by 32.56 for students and 32.95 for parents, and showed that there was a significance value (p) of 0,000 because p <0 .0. The results of students and parents responses are included in the excellent category. This shows the effective use of snake ladder media as a counseling media about breakfast for students and parents in SDN Jati, Tarokan Kediri District.