PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TANGRAM MATERI BANGUN DATAR SISWA SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF TANGRAM MODULES OF FLAT BUILDING MATERIALS FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangakan modul pembelajaran tangram materi bangun datar siswa sekolah dasar.penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, proses pengembangan melibatkan lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, kelayakan modul tangram memiliki tiga jenis, modul tangram dinilai valid berdasarkan tinjauan dari ahli materi sebesar 88% dan ahli media pembelajaran sebear 91% dengan kategori sangat baik. Uji coba dilakukan pada kelas II dengan respon siswa sebesar 95%, dan respon guru sebesar 92%. Hal ini menunjjukan bahwa modul pembelajaran tangram sangat praktis. Hasil uji N-Gain sebesar 0,72, yang menunjjukan bahwa modul pembelajaran tangram dinilai sangat efektif. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujuakan bagi para pendidik sekolah dasar untuk memberikan modul pembelajaran tangram pada materi bangun datar di sekolah.
The purpose of this study was to develop a tangram learning module for elementary school students using the ADDIE development model. The results of this study are as follows. First, the development process involves five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Second, the feasibility of the tangram module has three types, the tangram module is considered valid based on reviews from material experts by 88% and learning media experts by 91% with a very good category. The trial was conducted in class II with a student response of 95%, and a teacher response of 92%. This shows that the tangram learning module is very practical. The N-Gain test result is 0.72, which shows that the tangram learning module is considered very effective. Thus, this research can be a reference for elementary school educators to provide tangram learning modules on flat shape materials in schools.