MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 42 SURABAYA SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS
STUDENTS LEARNING MOTIVATION OF SMPN 42 SURABAYA DURING FACE-TO-FACE LEARNING LIMITED
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa SMP selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTM TB). Metode yang digunakan adalah penelitian survei. Partisipan penelitian adalah siswa SMP Negeri 42 Surabaya kelas VII, VIII dan IX berjumlah 548 siswa dengan rincian 50% jumlah siswa per tingkatan kelasnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket motivasi belajar model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), dengan jumlah pernyataan sebanyak 20 nomor. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu melalui angket yang disebar secara online dan saat pertemuan terbatas secara offline dengan menggunakan Google Forms. Hasil penelitian ini adalah data motivasi belajar siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTM TB) di SMP Negeri 42 Surabaya pada aspek Attention didapatkan rata-rata persentase tingkat motivasinya yaitu 76%, pada aspek Relevance yaitu 77%, Aspek Confidence 76% dan pada aspek Confidence yaitu 79%. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa berdasarkan aspek ARCS seluruhnya sudah termasuk dalam kategori baik. Tetapi meskipun dalam kategori baik, siswa di SMP Negeri 42 Surabaya beradaptasi dengan sistem pembelajaran tatap muka terbatas (PTM TB) ini. Dapat dilihat dari hasil angket didapatkan rendahnya skor pada pertanyaan mengenai media pembelajaran yang digunakan dan pemahaman materi selama PTM TB ini masih memiliki potensi yang rendah. Perlunya evaluasi pembelajaran tatap muka terbatas (PTM TB) yang lebih efektif, kreatif dan inovarif serta penggunaan media teknologi serta metode pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Motivasi belajar, pembelajaran tatap muka terbatas (PTM TB), hasil belajar.
This study aimed to describe the learning motivation of junior high school students during limited face-to-face learning (PTM TB). The method used is survey research. Research participants were students of SMP Negeri 42 Surabaya class VII, VIII and IX totaling 548 students with details of 50% of the number of students per grade level. The research instrument used was the Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) learning motivation questionnaire, with a total of 20 statements. The data collection technique used is through questionnaires distributed online and during limited offline meetings using Google Forms. The results of this study are student learning motivation data during limited face-to-face learning (PTM TB) at SMPN 42 Surabaya on the Attention aspect, the average percentage level of motivation is 76%, the Relevance aspect is 77%, the Confidence aspect is 76% and the Confidence aspect is 76%. Confidence is 79%. The conclusion of this research is that students' learning motivation based on the ARCS aspect is all included in the good category. But even though they are in the good category, students at SMPN 42 Surabaya adapt to this limited face-to-face learning system (PTM TB). It can be seen from the results of the questionnaire that low scores on questions regarding the learning media used and understanding of the material during PTM TB still have low potential. The need for a more effective, creative and innovative limited face-to-face learning evaluation (PTM TB) as well as the use of technology media and varied learning methods to increase student learning motivation during the Covid-19 pandemic.
Keywords : Learning motivation, limited face-to-face learning (PTM TB), learning outcomes.