VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES DIAGNOSTIK KONSEPSI BERFORMAT FIVE-TIER UNTUK MATERI TEORI KINETIK GAS
THE VALIDITY AND RELIABILITY OF FIVE-TIER CONCEPTION DIAGNOSTIC TEST FOR KINETIC THEORY OF GASES
Miskonsepsi dilaporkan telah terjadi pada banyak konsep pada pelajaran Fisika. Salah satunya pada materi Teori Kinetik Gas. Sebagai contoh, peserta didik (PD) menganggap bahwa apabila dua balon dengan volume berbeda dihubungkan menggunakan sebuah plastik, maka udara akan mengalir dari balon bervolume besar menuju balon bervolume kecil. Anggapan ini tidak sesuai dengan konsep Teori Kinetik Gas yaitu Hukum Boyle, maka anggapan tersebut disebut dengan miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen tes diagnostik konsepsi berformat five-tier untuk materi Teori Kinetik Gas dan untuk menentukan tingkat validitas dan reliabilitasnya. Penulis menggunakan dua sampel yang berbeda yaitu 27 PD untuk menjaring alasan dan 35 PD untuk mendapatkan nilai validitas dan reliabilitas instrumen. Aspek validitas terdiri dari validitas internal dan validitas eksternal. Validitas internal ditentukan oleh dua dosen Fisika. Validitas ekternal terdiri dari isi dan konstruk. Validitas eksternal isi ditentukan berdasarkan hasil false positives (FP) dan false negatives (FN) harus < 10%, sedangkan validitas eksternal konstruk menggunakan persamaan korelasi Pearson Product Moment. Reliabilitas dihitung menggunakan Alfa Cronbach dengan taraf signifikansi sebesar 5% dan rtabel yaitu 0,334. Nilai validitas internal yang diperoleh adalah 94,33%. Nilai FP dan FN berturut-turut adalah 8,9% dan 7,8%, yang berarti bahwa instrumen tersebut valid. Korelasi Pearson Product Moment (rxy) yang diperoleh adalah 0,64 sedangkan nilai reliabilitas (r11) adalah 0,885. Kedua nilai tersebut lebih besar daripada rtabel, yang berarti bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut valid dan reliabel.
Misconceptions was reported to occur in many concepts in Physics subject in senior high school. One of them is in Kinetic Theory of Gases concepts. For example, students assumed if two balloons with different volumes are connected using a plastic straw, the air will flow from the bigger balloon to the small balloon. This assumption is not in accordance with the Kinetic Theory of Gases concept namely Boyle’s Law, so it is called misconception. The aims of this study is to develop a five-tier conception diagnostic test for Kinetic Theory of Gases and determine the validity and the reliability. The author using two different samples, first, 27 students to collect reasons, second, 35 students to gain validity and reliability score. The validity aspect consists of internal and external validities. The internal validity has done by two Physics lecturers. The external validity consists of content and construct aspect. The external validity of the content was determined based on false positives (FP) and false negatives (FN) values that < 10%, while the construct external validity was determined using the Pearson Product Moment correlation equation. The reliability was calculated using Alfa Cronbach (r11) with 5% significance level and rtheoritic of 0.334. The internal validity results is 94.33%. The FP and FN values are 8.9 and 7.8% respectively, which means that the developed instrument is valid. The (rxy) is 0.64, while the reliability value (r11) is 0.885. Those values are greater than the rtheoritic, which means that the developed instrument is valid and reliable.