PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KOMPETENSI RIAS WAJAH GERIATRI KELAS XI SMKN 1 LAMONGAN
IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING MODELS IN CLASS XI GERIATRIC MAKEUP COMPETENCE OF SMKN 1 LAMONGAN
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis proyek digunakan dalam pembelajaran kompetensi tata rias geriatri kelas XI SMKN 1 Lamongan 2) Memahami aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek; 3) Menggunakan model pembelajaran berbasis proyek untuk mengetahui hasil belajar siswa 4) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek. Menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitaitf dengan desain penelitian pra-eksperimental one shoot case study. Lembar observasi pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes kognitif, dan tes psikomotor merupakan instrumen penelitian yang digunakan. serta lembar respon dari siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata sebesar 96 dikategorikan sangat baik. Hasil aktivitas siwa menunjukkan nilai 89,4 dikategorikan sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek mendapatkan nilai klasikal rata-rata mencapai 81% dikategorikan sangat baik. Nilai klasikal meliputi 2 ranah penilaian yakni, nilai kognitif mendapatkan 81,15 dan nilai psikomotorik mendapatkan 81,1. Angket respon belajar siswa mendapatkan 82,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat berhasil diterapkan pada kompetensi tata rias geriatri kelas XI SMKN 1 Lamongan dengan baik.
Abstract
The aim of this research is; 1) To find out how the project-based learning model is used in teaching geriatric cosmetology competencies for class XI SMKN 1 Lamongan 2) Understanding student learning activities using project-based learning models; 3) Using a project-based learning model to determine student learning outcomes 4) Knowing how students respond to project-based learning models. Using a descriptive quantitative approach method with a pre-experimental one shoot case study design. Learning observation sheets, student activity observation sheets, cognitive tests, and psychomotor tests were the research instruments used. as well as student response sheets to the use of project-based learning models. The results showed, among other things: the implementation of learning to get an average score of 96 was categorized as very good. Student activity results show a value of 89.4 which is categorized as very active. Student learning outcomes with the application of project-based learning models get an average classical value of 81% which is categorized as very good. The classical value includes 2 assessment domains namely, the cognitive score gets 81.15 and the psychomotor score gets 81.1. Questionnaire student learning responses get 82.5%. Thus it can be concluded that the project-based learning model can be successfully applied to the competence of geriatric cosmetology class XI SMKN 1 Lamongan well.