Abstrak
Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat sistem pendidikan harus melakukan
perubahan agar mampu menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Untuk
menghadapi era revolusi industri guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi yang
dimiliki. Kompetensi tenaga pendidik dibagi menjadi empat yaitu kompetensi pedagogik,
profesional, sosial dan kepribadian. Tujuan penulis dalam penyusunan artikel ini yaitu ingin
menganalisis dan meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik di era revolusi
industri 4.0. Metode penulisan dalam menggunakan metode studi pustaka atau yang biasa
disebut dengan riset pustaka. Data-data yang digunakan penulis untuk menyusun artikel ini
merupakan hasil dari analisis kumpulan kajian teks dan penelitian yang relevan. Langkah
langkah yang dilakukan dalam penyusunannya yaitu : Pertama mengumpulkan data-data
yang dibutuhkan kemudian dikelomopokkan berdasarkan rumusan masalah yang
ditentukan. Kedua, data yang sudah dikelompokkan berdasarkan rumusan masalah
kemudian dilakukan analisis berdasarkan isi yang ada didalam data-data tersebut.
Kemudian yang ketiga, hasil dari analisis data tersebut di tarik kesimpulan dan saran yang
akhirnya di satukan dan menjadi sebuah artikel. Hasil dari penulisan artikel ini yang
pertama yaitu: Menurut data dan permasalahan yang ada masih guru yang memenuhi
kualifikasi hanya 47,79%.Yang kedua: cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
kmpetensi profesional tenaga pendidik dibagi menjadi 2 cara yang pertama dengan
menggunkan metode diklat atau pelatihan terhadap guru yang belum melek literasi digital.
yang kedua, dengan menggunakan metode non diklat yang beruapa studi banding dan studi
lanjut antar tenaga pendidik untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
Kata kunci: strategi, kompetensi profesional, tenaga pendidik
Abstract
The times that are increasinly rapid have made the education system have to make changes
in order tobe able to face challenges in the future. To face the era of the industrial
revolution, teachers are required to increase their competence. The competence of teaching
staff is divided into four: namely pedagogic, professional, social and personality
competencies. The authors goal in preparing this article is to analyze and improve the
professional competence of educators in the era of the industrial revolution 4.0. The writing
method in using the literature study method or what is commonly referred to as library
research. The data used by the author to compile this article is the result of analyzing a
collection of relevant texts and research studies. The steps taken in its preparation are: First
to collect the required data, then group them based on the formulation of the specified
problem. Second, the data that have been groubed based on the formulation of the problem
are then analyzed based on the contents contained in the data. Then the third, the results of
the data analysis draw conclusions and suggestions which are finally put together and
become an article. The results of writing this first article are: According to the data and the
existing problems, there are only 47.79% qualified teachers. training for teachers who are
not digital literate. secondly, by using non-education and training methods, which include
comparative studies and further studies between educators to increase insightand
knowledge.
Keywords: strategy, professional competence, teaching staff