PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN KULINER
Media kartu bergambar adalah suatu media berisi gambar, dimana gambar tersebut berasal dari buatan sendiri atau gambar yang sudah ada dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini dikembangkan media berupa kartu bergambar pada siswa SMK program keahlian kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media kartu bergambar; 2) hasil belajar siswa; 3) ruang lingkup program keahlian kuliner; 4) model pembelajaran cooperative tipe make a match; dan 5) penggunaan kartu sebagai media pembelajaran pada siswa SMK program keahlian kuliner. Data dikumpulkan dengan cara pengumpulan buku dan jurnal yang terkait, dibaca, kemudian dikaji. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1). Media kartu bergambar adalah media yang berisi kartu dan disertai dengan gambar yang disesuaikan dengan materi pembelajaran; 2) Hasil belajar mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran; 3) Program keahlian kuliner adalah salah satu program keahlian di SMK dengan tujuan mencetak lulusan yang berkompetensi dibidangnya; 4) Model pembelajaran tipe Make a Match cocok digunakan dikarenakan banyaknya mata pelajaran pada program keahlian kuliner yang menggunakan bahasa asing, banyaknya istilah, dan teknik pengolahan pada mata pelajaran membuat siswa cukup susah dalam memahami materi. 5) Berdasarkan beberapa hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan kartu bergambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Picture card media is a media containing images, where the images come from self-made or existing images with the aim of making it easier for students in the learning process. In this study, a media in the form of picture cards was developed for vocational students of the culinary expertise program. This study aims to determine: 1) picture card media; 2) student learning outcomes; 3) the scope of the culinary expertise program; 4) the cooperative learning model type make a match; and 5) the use of cards as a medium of learning for vocational students of the culinary expertise program. Data is collected by collecting related books and journals, reading, then reviewing it. The research results were obtained as follows: 1). Picture card media is media containing cards and accompanied by pictures adapted to learning materials; 2) Learning outcomes have increased, this can be seen from the increased student learning outcomes and student activity in learning activities; 3) The culinary expertise program is one of the skills programs at SMK with the aim of producing graduates who are competent in their fields; 4) The Make a Match type of learning model is suitable because the number of subjects in the culinary expertise program uses foreign languages, the number of terms, and processing techniques in subjects make it difficult for students to understand the material. 5) Based on several research results, it was found that the application of picture cards in learning can improve student learning outcomes.