PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR GENERASI Z SISWA KEJURUAN
THE INFLUENCE OF INTERACTIVE POWERPOINT MEDIA ON THE LEARNING OUTCOMES OF THE Z GENERATION OF VOCATIONAL STUDENTS
ABSTRAK
Nama : Muhamad Nur Febrian Syah
NIM : 19050524035
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Rachmad Syarifudin H., S.Pd.,M.Pd.
Seiring kemajuan teknologi dan informasi, pendidik didorong
menciptakan media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan
efisien untuk digunakan dalam upaya peningkatkan hasil belajar
siswa generasi z dengan tantangan pembelajaran berbasis digital.
Media yang dikembangkan tersebut salah satunya powerpoint
interaktif. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh penggunaan media powerpoint interaktif
terhadap generasi Z.
Jenis penelitian yang digunakan ex post facto dengan desain
penelitian one group pre-test pos-test design. Sampel dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas XII TMPO SMKN 5 Surabaya
dengan jumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan berupa analisis
deskrptif, uji normalitas dan uji paired sample t-test dengan
menggunakan software spss statistic 25
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint
interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XII
TMPO dengan ditunjukkan pada hasil uji paired sample t test
dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga media tersebut dapat
dijadikan sebagai pertimbangan untuk para pendidik untuk
digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah kejuruan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Name : Muhamad Nur Febrian Syah
Departmen : S1 Pendidikan Teknik Mesin
Faculty : Teknik
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Rachmad Syarifudin H., S.Pd.,M.Pd.
Along with advances in technology and information,
educators are encouraged to create innovative, effective and
efficient learning media to be used in efforts to improve student
learning outcomes of generation z with digital-based learning
challenges. One of the media developed is interactive
powerpoint. The purpose of this research was to find out and
analyze the effect of using interactive powerpoint media on
generation Z.
The type of research used was ex post facto with a one group
pre-test post-test design. The sample in this study was students of
class XII TMPO SMKN 5 Surabaya with a total of 60 students.
Data analysis was carried out in the form of descriptive analysis,
normality test and paired sample t-test using SPSS Statistics 25
software.
The results showed that the interactive powerpoint media had
an effect on the learning outcomes of class XII TMPO students as
shown in the results of the paired sample t test with a sig. 0.000
<0.05 so that the media can be used as a consideration for
educators to use in the learning process in vocational schools.
Kata Kunci: Learning Media, Interactive Powerpoint, Learning
Outcomes.