Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis IT Menggunakan Flipbook Interaktif Teks Naratif untuk Peserta Didik Kelas IX SMP
The Development of IT-Based Flipbook Interactive Learning Materials of Narrative Text for Ninth Grade Junior High School
ABSTRAK
Laila, Afifah Nisfatul. 2023. Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis IT Menggunakan Flipbook Interaktif Teks Naratif untuk Peserta Didik Kelas IX SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Oikurema Purwati, M.A., M.AppL. dan (2) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Kata-kata kunci: Pengembangan, flipbook, interaktif, teks naratif.
Perkembangan literasi berbasis teknologi mempengaruhi penggunaan media atau materi pengembangan dalam pembelajaran. Pengembangan bahan ajar yang dikolaborasikan dengan teknologi dapat menumbuhkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian pengembangan berbasis IT berupa teks Narasi Flipbook Interactive bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kebutuhan siswa terhadap pengembangan Flipbook Interactive, (2) proses pengembangan Flipbook Interactive, (3) kualitas pengembangan Flipbook Interactive, dan (4) tantangan dalam mengimplementasikan Flipbook Interactive.
Desain penelitian adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dari Branch (2009) yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX dan objek yang dikembangkan adalah Flipbook Interactive materi teks Narasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Temuan dalam penelitian ini berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan pengembangan Flipbook Interactive sebesar 51,25% dalam kategori cukup. Hal ini dapat diartikan bahwa kebutuhan untuk mengembangkan flipbook interaktif sangat tinggi dan diharapkan oleh siswa. Proses pengembangan Flipbook Interactive dilakukan secara komprehensif sesuai tahapan dalam model pengembangan ADDIE. Hasil validasi dari praktisi dan ahli di bidang teknologi pembelajaran adalah validasi materi sebesar 90,6% dengan kategori sangat layak, validasi bahasa sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak, validasi tata letak/desain grafis sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, dan multimedia validasi sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Tantangan yang dihadapi saat mengimplementasikan Flipbook Interactive adalah persepsi siswa bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit, guru yang tidak mahir menggunakan teknologi, dan jaringan internet yang tidak stabil.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Flipbook Interactive untuk materi teks Naratif layak diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, namun memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah.
Abstract
Laila, Afifah Nisfatul. 2023. The Development of IT-Based Flipbook Interactive Learning Materials of Narrative Text for Ninth Grade Junior High School. Thesis, Study Program of Language and Literature Education, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (1) Dr. Oikurema Purwati, M.A., M.AppL. and (2) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: Development, Flipbook, Interactive, Narrative Text.
The development of technology-based literacy affects the use of media or material development in learning. The development of learning materials in collaboration with technology can foster creative and innovative learning. IT-based development research in the form of Flipbook Interactive Narrative text aims to describe (1) a students’ needs for the development of Flipbook Interactive, (2) the process of Flipbook Interactive development, (3) the quality of Flipbook Interactive development, and (4) challenges in implementing Flipbook Interactive.
The research design is development research and the development model used is ADDIE from Branch (2009) which includes 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subject is ninth grade students and the object developed is Flipbook Interactive of Narrative text material. Data collection techniques are observation, interviews, questionnaires, and documentation.
The findings in this study are based on the results of a needs analysis questionnaire for the development of Flipbook Interactive of 51.25% in the sufficient category. This can be interpreted that the need to develop interactive flipbooks is very high and is expected by students. The Flipbook Interactive development process is carried out in a comprehensive manner according to the stages in the ADDIE development model. The validation results from practitioners and experts in the field of learning technology are material validation of 90,6% in the very feasible category, language validation of 92,5% in the very feasible category, layout validation of 87,5% in the very feasible category, and multimedia validation of 92,5% in the very feasible category. The challenges faced when implementing Flipbook Interactive are students' perceptions that English is a difficult subject, teachers who are not proficient in using technology, and unstable internet networks.
Based on the findings in this study, it can be concluded that Flipbook Interactive for Narrative text material is appropriate to be applied in the English learning process, but requires adjustments to the situation and conditions at school.