Studi Perbandingan Model Inkuiri Menggunakan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Comparative Study Of Inquiry Model Using Virtual Laboratory To Improve Student Learning Outcomes
Penerapan proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika memiliki beberapa hambatan yang terdapat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa literatur bahwa penerapan model pembelajaran konvensional kurang tepat pada proses pembelajaran dikarenakan belum bisa mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan ini diperlukannya model pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman siswa salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri. Pada mata pelajaran fisika juga terdapat kegiatan praktikum berupa percobaan dengan didukung peralatan yang ada pada laboratorium. Tetapi hal ini terdapat hambatan salah satunya pada segi jumlah peralatan dan bahan yang dimiliki oleh sekolah serta terlalu beresiko pada keselamatan siswa saat kegiatan praktikum berlangsung. Sehingga diperlukan media pembelajaran seperti virtual laboratorium agar dapat membantu siswa dalam melakukan kegiatan praktikum khususnya pada mata pelajaran fisika dan penghematan biaya alat dan bahan laboratorium. Metode yang digunakan pada studi literatur ini yaitu metode SLR (Systematic Literature Review). Metode SLR mempunyai tiga tahap yaitu planning, conducting, dan reporting. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa literatur bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa antara virtual laboratorium dengan laboratorium nyata pada mata pelajaran fisika. Hasil rata-rata nilai post-test dari 11 literatur bahwa 9 literatur menunjukkan penggunaan model pembelajaran inkuiri yang menggunakan virtual laboratorium lebih tinggi dibandingkan laboratorium nyata. Setelah itu diuji hipotesis beberapa literatur tersebut bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri dalam penggunaan virtual laboratorium pada kegiatan praktikum terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan virtual laboratorium lebih baik dibandingkan laboratorium nyata dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : virtual laboratorium, inkuiri, hasil belajar
The application of the learning process, especially physics subjects, has several obstacles in teaching and learning activities. Based on the results of the analysis of several pieces of literatures that the application of conventional learning models is not appropriate in the learning process that has not been able to develop students’ ability to solve problems. With this, we need a learning model that can improve student understanding, one of which is the inquiry learning model. In the physics subject, there are also practicum activities in the form of experiments with equipment supported in the laboratory. But there are obstacles, one of which is in terms of the number of equipment and materials owned by the school and it is too risky for student safety during practicum activities. So that learning media such as virtual laboratories are needed so that they can assist students in carrying out practicum activities, especially in physics subjects and the cost of laboratory tools and materials. The method used in this literature study is the SLR (Systematic Literature Review) method. The SLR method has three stages, planning, conducting, and reporting. Based on the analysis of several pieces of literature, there is a comparison of student learning outcomes between virtual laboratories and real laboratories in physics subjects. The average post-test score of the 11 literature shows that 9 pieces of literature show that the use of inquiry learning models using virtual laboratories higher than real laboratories. After that, the hypothesis of some of the literature is tested that there is an effect of the inquiry learning model in the use of virtual laboratories in practicum activities on student learning outcomes. This can display learning outcomes in physics subjects using inquiry learning models assisted by virtual laboratories better than real laboratories in improving student learning outcomes.
Keywords : virtual laboratory, inquiry, learning outcomes