PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN COUNTING BOARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR
INFLUENCE OF COUNTING BOARD LEARNING MEDIA ON CALCULATING ABILITY CLASS I STUDENTS AT PRIMARY SCHOOL
Counting board ialah media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk mendukung siswa dalam belajar menghitung, baik penjumlahan maupun pengurangan dengan dua angka yang disusun. Media ini membantu siswa mengatasi tantangan dalam hitung menyimpan, hal ini merupakan kendala utama dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua digit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak media pembelajaran counting board terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I SD. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain Non-equivalent Control Group, yang merupakan jenis eksperimen semu. Teknik pengumpulan data melibatkan kombinasi metode tes dan angket, menggunakan instrumen angket dan tes. Penilaian dilakukan melalui pre-test dan post-test, sementara instrumen angket mengumpulkan tanggapan siswa tentang pengalaman mereka dengan counting board. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan menggunakan bantuan perangkat lunak statistik SPSS 25 menunjukkan nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐, yaitu 4,854 > 1,676, sehingga dapat disimpulkan bahwa ๐ป0 ditolak dan ๐ป1 diterima. Selain itu, uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai Sig (0,000) < 0,05, yang berarti variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Media pembelajaran counting board dianggap memberikan pengaruh positif, terbukti dari respon positif siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan nilai 86,4% dari 25 peserta didik. Kesimpulannya, media pembelajaran counting board berdampak baik pada kemampuan berhitung siswa di kelas I SD.
Counting boards are learning media that are used to support students in learning to count, both addition and subtraction using two arranged numbers. This media helps students overcome challenges in storing calculations, this is the main obstacle in adding and subtracting two-digit numbers. This research aims to identify the impact of counting board learning media on the numeracy skills of grade I elementary school students. This research applies a quantitative approach with a Non-equivalent Control Group design, which is a type of quasi-experiment. Data collection techniques involve a combination of test and questionnaire methods, using questionnaires and test instruments. Assessment is carried out through pre-test and post-test, while a questionnaire instrument collects student responses about their experiences with the counting board. The results of hypothesis testing using the independent sample t-test using SPSS 25 statistical software show the value ๐กcount > ๐กtable, namely 4.854 > 1.676, so it can be concluded that ๐ป0 is rejected and ๐ป1 is accepted. Apart from that, a simple linear regression test shows a Sig value (0.000) < 0.05, which means that variable of 25 students. In conclusion, the counting board learning media has a good impact on students' numeracy skills in class I elementary school.