Representasi Budaya Populer Dalam Film Cruella Karya Craig Gillespie: Kajian Postmodernisme J. F. Lyotard
Representation of Modern Culture in Cruella Movie by Craig Gillespie: Study of Postmodernism by J. F. Lyotard
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk ekletisisme dalam film Cruella. (2) mendeskripsikan bentuk parodi dalam film Cruella. (3) mendeskripsikan bentuk pastiche dalam film Cruella. (4) mendeskripsikan bentuk ironi dalam film Cruella. (5) mendeskripsikan bentuk camp dalam film Cruella. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dan mimetik dengan penelitian yang bersifat kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan objek dari film yang berjudul Cruella karya Craig Gillespie. Data penelitian yang diambil pada penelitian ini merupakan hasil dari teks-teks pada dialog dan tindakan para tokoh yang diuraikan melalui beberapa aspek budaya teori postmodernisme yang meliputi: ekletisisme, parodi, pastiche, ironi, dan camp. Teknik pengumpulan data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan atau teknik dokumentatif. Dengan beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti halnya menonton secara berulang, menentukan rumusan permasalahan, mempelajari referensi kepustakaan yang terkait, menandai beberapa bukti data-data, dan mengklasifikasikan kembali data-data yang telah ditandai sebagai rumusan permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik tersebut dilakukan dengan mencari dan mengelompokkan masing-masing data, menganalisis data, mendeskripsikan hasil dari pada data penelitian, dan menyimpulkan hasil dari analisis budaya postmodernisme yang ditemukan pada film Cruella karya Craig Gillespie. Hasil dalam penelitian memperlihatkan berbagai unsur budaya populer melalui kajian postmodernisme Jean Francois Lyotard yang meliputi; Ekletisisme (1) pengadopsian antar budaya asing menjadi budaya sendiri. Parodi (2) sindiran dengan gaya humor satir dan beberapa ungkapan atas ketidaknyamanan, ketidaksukaan pada setiap karakter atau tokoh. Pastiche (3) peniruan karya masa lalu yang diangkat kembali dengan pengimitasian murni sebuah ungkapan yang bersifat apresiatif. Ironi (4) harapan-harapan yang tak sesuai dengan penyangkalan atas suratan takdir yang belum bisa diterima. Camp (5) pengelabuan atau penopengan identitas pada tokoh utama yang menafsirkan pengertian ganda.
Kata kunci: film, postmodernisme, ekletisisme, parodi, pastiche, ironi, camp
Abstract
This research are aimed to, 1) describe an eclectisism on Cruella movie, 2) describe a parody form on Cruella movie, 3) describe a pastiche form on Cruella movie, 4) describe an ironic form on Cruella movie, 5) describe a camp form on Cruella movie. The method of this research are objective and mimetic approach by using a qualitative research. The source of this research is a film by Craig Gillespie, Cruella. The data are taken from text on the dialogue and action of each characters which are described through a cultural aspect of postmodernism such as eclectisism, parody, pastiche, irony, and camp. The technique of data collection using a documentative technique by watching a movie repeatly, determining the formulation of the problems, learning the bibliography, marking the evidences of the data, and classified the data due to the formulation of the problems. The technique of data analysis is using a descriptive technique by searching the data, classify the data, analyzing the data, describe the data, and conclusing the analyzing of cultural aspect of postmodernism. The results of postmodernism study by Jean Francois Lyotard show about a populer-culture that contain, Eclectisism (1) adoptying of each foreign culture become one culture, Parody (2) a satire by using an inconvenient statement, a disliking to each characters, Pastiche (3) an imitation of creation in a past time that recreated by using a pure imitation with an appreciative statement, Ironi (4) an expectation that not as expected with the destiny, Camp (5) an identity deception of the main character that show a double interpretizing.
Keywords: movie, postmodernisme, ecleticism, parody, pastiche, irony, camp