PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
THE INFLUENCE OF PREZI MEDIA ON RESULTS
LEARNING VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS SUBJECTS
ENGINEERING DRAWINGS
Di SMK Krian 2 Sidoarjo khususnya kelas X Teknik Kendaraan Ringan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dengan bantuan Lembar Kerja Siswa. Oleh karena itu, siswa kurang menangkap pesan dari materi karena belum adanya gambar visual yang jelas sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu yang dapat menanggulangi masalah tersebut yaitu mengevaluasi media pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik agar siswa mampu menangkap materi dengan jelas dan diharapkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Design atau bisa disebut dengan desain grup yang tidak setara, Hasil uji T dari penelitian ini menunjukkan T hitung lebih besar dari T table (6,356>2,036) sehingga Ha2 yang menyatakan ada pengaruh media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa diterima dengan besar pengaruh 46,6%.
At SMK Krian 2 Sidoarjo especially class X Engineering Light Vehicles are still in the process of teaching and learning using the lecture method and learning media used is a blackboard with the help of worksheets Student. Therefore, students do not catch messages from material because there is no clear visual image so that impact on low student learning outcomes. one that can overcome these problems is to evaluate learning media that are more innovative and interesting so that students able to capture material clearly and expected results student learning has increased. The purpose of this research is to find out whether there is the influence of prezi learning media on results student learning. This research uses quantitative methods with Nonequivalent Control Group Design or it can be called with unequal group designs, The results of the T test from this study showed T count greater than T table (6.356> 2.036) so that Ha2 stated that there was an influence of Prezi learning media on student learning outcomes are accepted with a large influence of 46.6%.