Penelitian pengembangan
ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan buku
ajar mata pelajaran praktikum akuntansi
lembaga/instansi pemerintah berbasis
pendekatan saintifik pada
siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto . Selain itu, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk
mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap buku ajar praktikum
akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis pendekatan saintifik yang telah
dikembangkan.
Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan 4D oleh
Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap
yaitu d efine , design,
develop, dan d isseminate . Kelayakan atas buku ajar ditinjau dari empat aspek yaitu
kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan
kegrafikan.
Hasil penelitian ini
menunjukkan untuk rata-rata kelayakan keseluruhan buku ajar oleh para ahli
diperoleh persentase sebesar 85,1% dengan kategori Sangat Layak . Komponen kelayakan isi diperoleh
persentase 83,3% dengan kategori
Sangat Layak, komponen penyajian diperoleh persentase 81,4% dengan kategori Sangat Layak, komponen kebahasaan
diperoleh persentase 78,5% dengan kategori Layak, dan komponen kegrafikan diperoleh
persentase 97,2%
dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa buku ajar dapat
menarik minat peserta didik ditunjukkan oleh hasil respon peserta didik
diperoleh persentase 94,6% dengan kriteria Sangat Baik.
Kata
Kunci: Buku Ajar, Praktikum Akuntansi Lembaga, Pendekatan Saintifik