PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULE AS LEARNING RESOURCES IN THE ELEMENTS PERIODIC SYSTEM MATERIALS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran berbentuk e-module interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Dessiminate) yang dimodifikasi menjadi 3D. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi, angket respon, pretest, dan posttest. Data diperoleh berdasarkan hasil wawancara guru kimia dan pemberian angket terhadap peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar telaah, validasi, angket respon peserta didik, tes (Pretest dan Posttest). Hasil validasi perangkat ini mendapat skor 90% untuk kriteria isi, 93% untuk kriteria penyajian, 84% untuk kriteria kebahasaan, dan 100% untuk kriteria kegrafikan yang dapat diartikan sangat layak untuk digunakan. Kepraktisan e-module diketahui dari hasil respon peserta didik dengan rata rata skor lebih dari 81% yang dapat dikategorikan sangat merespon. E-module interaktif juga dikatakan sangat efektif dengan menganalisis hasil belajar menggunakan uji t dengan nilai signifikansi 5%. Maka dari itu, e-module interaktif sebagai sumber belajar pada materi sistem periodik unsur dapat dijadikan solusi dari permasalahan kegiatan pembelajaran daring
The purpose of this research is to determine the feasibility, effectiveness, and practicality of learning media in the form of interactive e-module. The research method used is Research and Development (R&D) with a 4D development model (Define, Design, Develop, and Dessiminate) which is modified into 3D. The instruments used consisted of review sheets, validation, student response questionnaires, tests (pretest and posttest). The data were obtained based on the results of interviews with chemistry teachers and giving questionnaires to students. The results of the validation of this device got a score of 90% for content criteria, 93% for presentation criteria, 84% for language criteria, and 100% for graphic criteria are very feasible to use. The practicality of the e-module is known from the results of the responses of students with an average score of more than 81% which can be categorized as highly responding. The interactive e-module is also said to be very effective by analyzing learning outcomes using the t test with a significance value of 5%. Therefore, the interactive e-module as a learning resource on the elemental periodic system material can be used as a solution to the problems of online learning activities