Strategi Pelatih Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera dalam Membangun Mental Juara di SMAN 19 Surabaya
Strategy of the Flag-Raising Troop Extracurricular Coach in Building a Champion Mentality at SMAN 19 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pelatih ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera dalam membangun mental juara di SMAN 19 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari pelatih dan pembina ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera SMAN 19 Surabaya. Lokasi penelitian berada di SMAN 19 Surabaya. Strategi pelatih ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera dalam membangun mental juara kemudian akan dianalisis dengan menggunakan teori belajar behavioristik Thorndike. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan pelatih dalam membangun mental juara pada ekstrakurikuler paskibra adalah dengan pemberian punishment saat latihan, latihan gabungan (study banding) dengan sekolah lain, memberikan gambaran tujuan mengikuti paskibra, memberikan materi dalam membentuk mental, melibatkan hubungan dengan orang tua meliputi support terhadap anak dalam kegiatan paskibra, melakukan bimbingan mental, membangun ikatan (bonding) antaranggota dan pelatih, dan memberikan motivasi.
This research aims to describe the strategy of extracurricular coaches for flag-raising troops in building a winning mentality at SMAN 19 Surabaya. This research is qualitative research with descriptive methods. Data collection techniques were carried out using observation, in-depth interviews, and documentation. The data source for this research was obtained from the coaches and extracurricular leaders of the flag-raising troops at SMAN 19 Surabaya. The research location is at SMAN 19 Surabaya. The extracurricular trainer's strategy for the flag-raising troops in building a winning mentality will then be analyzed using Thorndike's behavioristic learning theory. The results of the research show that the strategy used by trainers in building a winning mentality in extracurricular paskibra is by giving punishment during training, joint training (study comparison) with other schools, providing an overview of the purpose of joining paskibra, providing material to shape the mentality, involving relationships with parents including support children in paskibra activities, provide mental guidance, build bonds between members and coaches, and provide motivation.