THE RESULTS OF LEARNING GERMAN LISTENING SKILLS THROUGH THE KAHOOT MEDIA OF CLASS X SMAN 1 GEDANGAN
Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa asing yang diajarkan di SMAN 1 Gedangan. Kegiatan belajar mengajar yang monoton menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan bosan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya inovasi baru berupa media daring yang dapat dimanfaatkan pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam mempelajari bahasa Jerman pada tema kennenlernen kelas X semester 1 yang dilaksanakan melalui media kahoot. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 6 dan X MIPA 8 SMA Negeri 1 Gedangan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif di mana data akhirnya berupa nilai yang didapatkan peserta didik setelah mengerjakan tes. Instrumen dari penelitian ini adalah tes pada media kahoot. Hasil tes tersebut dianalisa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebagai batasannya. Hasil tes yang diperoleh dari peserta didik kelas X MIPA 6 adalah 42,5% mendapatkan nilai di atas KKM dan 57,5% peserta didik mendapatkan nilai di bawah nilai KKM. Sedangkan hasil tes yang diperoleh oleh kelas X MIPA 8 yaitu 47,2% mendapat nilai di atas KKM dan 52,7% mendapat nilai di bawah KKM. Melalui lembar angket yang diolah dengan skala likert ditemukan bahwa 38,6% peserta didik sangat setuju, 39,4% setuju, 18,9% tidak setuju dan 2,7% sangat tidak setuju terhadap media kahoot yang digunakan pada pembelajaran bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas X MIPA 6 dan X MIPA 8 belum mencapai 50% dari total keseluruhan peserta didik untuk mendapat kriteria tuntas.
Kata kunci: Hasil belajar, Keterampilan menyimak, Kahoot.
German is one of the foreign languages taught at SMAN 1 Gedangan. Monotonous teaching and learning activities cause students to feel bored and bored. This research is motivated by a new innovation in the form of online media that educators can use in learning activities. The purpose of this study is to find out the learning outcomes of students in learning German on the theme of kennenlernen class X semester 1 which is carried out through kahoot media. This research was conducted in class X MIPA 6 and X MIPA 8 at SMA Negeri 1 Gedangan for the 2021/2022 academic year. This research is a descriptive quantitative research where the final data is in the form of scores obtained by students after taking the test. The instrument of this study was a test on kahoot media. The test results were analyzed according to the minimum completeness criteria (KKM) as the limit. The test results obtained from class X MIPA 6 students were 42.5% getting scores above the KKM and 57.5% of students getting scores below the KKM score. While the test results obtained by class X MIPA 8, namely 47.2% scored above the KKM and 52.7% scored below the KKM. Through a questionnaire sheet processed with a Likert scale it was found that 38.6% of students strongly agreed, 39.4% agreed, 18.9% disagreed and 2.7% strongly disagreed with the kahoot media used in learning German. The results showed that students in class X MIPA 6 and X MIPA 8 had not reached 50% of the total number of students to get the completion criteria.
Keywords: Learning outcomes, Listening skills, Kahoot.