PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA
The Effect of Collaborative Learning Model and Self Efficacy on Student’s Social Skills
Laksmiwati, Hermien. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Efikasi Diri terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa. Disertasi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd; (2) Dr. Andi Mariono, M.Pd
Kata kunci: Pembelajaran kolaboratif, efikasi diri, keterampilan sosial, perguruan tinggi
Mahasiswa Jurusan Psikologi dituntut untuk memiliki keterampilan social yang baik karena cbidang pekerjaan yang akan digeluti setelah lulus berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan diri dan menjalin hubungan dengan orang lain. Selain kemampuan tersebut, mahasiswa psikologi juga dituntut untuk mampu memahami dan menerapkan teori-teori psikologi yang sudah dipelajarinya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Efikasi diri atau sifat kepribadian dan pendidikan adalah faktor penyebab timbulnya keterampilan sosial. Oleh karena itu, guru dan dosen harus membantu peserta didiknya untuk meningkatkan efikasi diri dan keterampilan sosial peserta didik dengan memilih model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan sosial adalah pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif dan efikasi diri terhadap keterampilan sosial.
Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 jurusan Psikologi angkatan 2019 berjumlah 78 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain rancangan eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian menggunakan tes untuk memperoleh data efikasi diri dan untuk memperoleh data keterampilan sosial mahasiswa. Uji Hipotesis dilakukan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA).
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar keterampilan sosial mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran kolaboratif dan diskusi pada mahasiswa jurusan psikologi UNESA, 2) Terdapat perbedaan pengaruh keterampilan sosial mahasiswa antara mereka yang memiliki efikasi diri tinggi dan rendah pada mahasiswa jurusan psikologi UNESA, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar keterampilan sosial pada mahasiswa jurusan psikologi UNESA.
Laksmiwati, Hermien. 2022. The Effect of Collaborative Learning Model and Self Efficacy on Student’s Social Skills. Dissertation. Educational Technology Study Program. Postgraduate. State University of Surabaya. Supervisors: 1) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd, dan 2) Dr. Andi Mariono, M.Pd
Keywords: Collaborative learning, self-efficacy, social skills, college
Students of the Psychology Department must have good social skills because the field of work they will be engaged in after graduation is related to the ability to adjust and establish relationships with others. In addition to these abilities, psychology students are also required to be able to understand and apply the psychological theories they have studied to solve existing problems. Self-efficacy or personality traits and education contribute to the onset of social skills. Therefore, teachers and lecturers must help their learners improve their self-efficacy and social skills by choosing the appropriate learning model. A suggested learning model for improving social skills is collaborative learning. This study aims to determine the effect of collaborative learning and self-efficacy on social skills.
The research subjects were Psychology students of 2019, totaling 78 students. This study was a quasi-experiment design, and data was collected using a self-efficacy instrument and students' social skills. The hypothesis Test was performed using variance analysis techniques (ANAVA).
The results of this study show that 1) There are differences in the influence of learning outcomes of student social skills taught by collaborative learning and discussion in students majoring in psychology Unesa, 2) There are differences in the influence of student social skills between those who have high and low self-efficacy in students majoring in psychology UNESA, 3) There is an influence of the interaction between learning models and self-efficacy on the learning outcomes of social skills in students majoring in psychology Unesa.