ABSTRAK
PENGEMBANGAN
MEDIA MONOPOLI JAWA UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN AKSARA MURDA SISWA KELAS
VIII SMPN 1 DLANGGU MOJOKERTO TAUN AJARAN 2018/2019
NAMA :Dwi
Cahyo Mauludin
NIM : 15020114022
Program Studi : S1/Sarjana
Jurusan :
Bahasa dan Sastra Daerah
Fakultas :
Bahasa dan Seni
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Hj. Sri Wahyu Widayati, M.Si.
Taun : 2019
Didalam pengajaran bahasa ada empat
keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu menyimak, berbicara, membaca,
dan menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak
mudah dipelajari tanpa adanya belajar dan latihan yang rutin, contohnya yaitu
menulis aksara Jawa khususnya aksara murda. Berdasarkan wawancara dengan guru
bahasa Jawa, siswa masih kurang dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya aksara
murda karena kurang menarik perhatian untuk siswa. karena hal tersebut sehingga
dibutuhkan adanya media pembelajaran. Media yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan
menulis aksara Jawa menggunakan aksara murda siswa kelas VIII SMPN 1 Dlanggu,
yaitu media monopoli Jawa.
Rumusan masalah di penelitian ini
yaitu (1) bagaimana proses pengembangan media monopoli Jawa, (2) bagaimana
efektivitasnya media monopoli Jawa, (3) bagaimana tanggapan siswa kepada media monopoli
Jawa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menjelaskan proses pengembangan media monopoli
Jawa, (2) menjelaskan efektivitas media monopoli Jawa, (3) menjelaskan
tanggapan siswa kepada media monopoli Jawa.
Penelitian ini
termasuk penelitian pengembangan berdasarkan model R&D dan desain panliten quasi
eksperimen . Populasi di penelitian ini yaitu kelas VIII SMPN 1 Dlanggu dengan teknik
purposif ditentukan kelas VIII-F merupakan kelas eksperimen, dan kelas VIII-J
merupakan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukan,
kalau validasi materi layak dengan persentase 92,5% dan validasi media layak
duganakan dengan persentase 97,5%. Dari hitungan reliabilitas penelitian 1 dan
2 dinyatakan reliabel sehingga instrumen layak digunakan untuk penelitian
efektivitas media monopoli
Jawa.Efektivitas media monopoli Jawa
diketahui dari membandingkan hasil pembelajaran siswa di kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Penelitian 1 menghasilakan
(kelas eksperimen) = 7,653 ³
(0,05 db= 31) =
2,05 £
(kelas kontrol) = 2,269
³
(0,05 db= 31) =
2,05. Pambanding hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan
= 7,32 ³
(0,05 db = 62) =
2,05. Penelitian 1 ini menunjukan
“ditolak” lan
“diterima” yang
mempunyai arti ada pembeda yang signifikan.
Panliten 2 menghasilkan
(kelas eksperimen) = 3,298 ³
(0,05 db= 31) =
2,05 £
(kelas kontrol) = 7,536 ³
(0,05 db= 31) =
2,05. Pambanding kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan
= 2,78 ³
(0,05 db = 62) =
2,05. Hasil ini menunjukan kalau penelitian 2 ini menunjukan
“ditolak” dan
“diterima” yang
mempunyai arti ada pembeda yang signifikan. Penelitian I kelas eksperimen mempunyai
nilai 81,25% dan kelas kontrol 15,63% dan di penelitian II kelas eksperimen
87,5% dan kelas kontrol 53,13% di penelitian II. Berdasarkan ketuntasan
tersebut bisa dimengerti adanya kenaikan hasil pembelajaran dari penelitian I
dan penelitian II. Hasil penelitian didukung dengan hasil respon siswa kelas
eksperimen setelah menggunakan media monopoli
Jawa tergolong “bagus” dengan persentase 84,68%. Hasil respon siswa tersebut
bisa diambil kesimpulan penggunaan media monopoli
Jawa layak digunakan didalam pembelajaran menulis aksar Jawa murda.
Kata
Kunci : Pengembangan, media monopoli Jawa, menulis aksara murda