Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
sebuah modul yang layak digunakan untuk pembelajaran kontrol motor 3 fasa
menggunakan variabel speed control
berbasis proyek di SMK KAL-1 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah
pengembangan dengan metode research and
development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI TITL
berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1)
tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk,
(4) tahap validasi, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk, dan (7)
tahap analisi dan pelaporan.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan
mendapatkan hasil validasi rerata RPP sebesar 88,1% yang masuk kategori sangat
valid dan rerata validasi modul 92,79% dikategorikan sangat valid, sedangkan
validasi angket respon siswa sebesar 83,22%, dan angket respon guru sebesar 84,38% sehingga tingkat kepraktisan
modul pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga rerata hasil
belajar siswa dari tes evaluasi pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif
secara berurutan yakni mendapatkan rerata 81,67; 84,69; dan 78,8. Sehingga
dapat dinyatakan tingkat keefektifan modul pembelajaran dalam membantu kegiatan
belajar mengajar di SMK KAL-1 Surabaya masuk dalam kategori efektif.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Research & Development (R&D), Kelayakan
Modul, kontrol motor 3 fasa