STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 8 SURABAYA
TEACHER'S STRATEGY IN ESTABLISHING ENVIRONMENTAL CHARACTER IN STUDENTS AT SMP NEGERI 8 SURABAYA
Permasalahan lingkungan setiap tahunnya semakin meningkat dengan banyaknya fenomena yang diakibatkan karena kurangnya kepedulian terhadap lingkungan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui pembentukan karakter di lingkungan sekitar terutama sekolah. SMP Negeri 8 Surabaya merupakan salah satu sekolah di Kota Surabaya yang telah mempunyai gelar adiwiyata dan visi misi sekolah untuk peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SMP Negeri 8 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berdasarkan Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengambilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SMP Negeri 8 Surabaya dilakukan melalui 3 cara yang terdiri dari (1) pengintegrasian karakter peduli lingkungan dalam kurikulum sekolah; (2) pembentukan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan SAS (Sekolah Arek Suroboyo) yang dilakukan setiap hari senin hingga kamis setelah jam pembelajaran berlangsung; (3) pembiasaan rutin setiap hari jumat yang meliputi jumat bersih, jumat adiwiyata dan jumat sehat yang mencakup kegiatan untuk peduli terhadap lingkungan melalui pembiasaan secara rutin pada siswa.
Kata kunci : strategi guru, karakter peduli lingkungan
Environmental problems are increasing every year with many phenomena caused by a lack of concern for the environment. Efforts that can be made to increase self-awareness of the environment can be done through character building in the surrounding environment, especially schools. SMP Negeri 8 Surabaya is one of the schools in the city of Surabaya that already has the Adiwiyata title and the school's vision and mission to care for the environment. The purpose of this study was to find out how the teacher's strategy in shaping the character of caring for the environment in students at SMP Negeri 8 Surabaya.
This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Taking the subject in this study using snowball sampling technique. The informants in this study were school principals, teachers and students. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The research data analysis technique is based on Miles and Huberman which consists of four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.
The results showed that the strategy used by the teacher in shaping the character of caring for the environment in students at SMP Negeri 8 Surabaya was carried out in 3 ways. (1). the integration of the character of caring for the environment in the school curriculum; (2). formation of environmental care character through SAS (School Arek Suroboyo) activities. SAS (School Arek Suroboyo) activities in the form of character building activities for students which are carried out every Monday to Thursday after class hours take place; (3). routine habituation every Friday which includes clean Friday, Adiwiyata Friday and healthy Friday which includes activities to care for the environment through routine habituation to students.
Keywords: teacher strategy, environmental care character