Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan assessment for learning dengan penilaian diri untuk meningkatkan pemahaman materi Hukum Newton di SMA Negeri 12 Surabaya, mendeskripsikan peningkatan pemahaman peserta didik setelah diimplementasikan assessment for learning dengan penilaian diri untuk meningkatkan pemahaman pada materi Hukum Newton di SMA Negeri 12 Surabaya, dan mendeskripsikan respon peserta didik setelah diimplementasikan assessment for learning dengan penilaian diri pada materi Hukum Newton di SMA Negeri 12 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jenis true experimental (pretest-posttest control group design), dengan jumlah sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X-MIA 2 yang menjadi kelas eksperimen dan kelas X-MIA 1 yang menjadi kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan assessment for learning dengan penilaian diri pada satu kelas yaitu kelas eksperimen terlaksana dengan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 80,0%. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian diri, dan lembar soal pre-test dan post-test, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan dan perhitungan N-gain. Didapatkan hasil bahwa pemahaman peserta didik pada kelas eksperimen setelah diterapkan assessment for learning dengan penilaian diri meningkat signifikan jika dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kata kunci: Assesment for Learning, Penilaian Diri, Pemahaman Konsep, Hukum Newton Gravitasi
This research aims to describe the implementation of application of assessment for learning with self assessment to improve understanding of newton’s law in SMA Negeri 12 Surabaya, describing student’s improve understanding after assessment for learning with self assessment applying in SMA Negeri 12 Surabaya, and described the response of students after application assessment for learning with self assessment to improve understanding of newton’s law in SMA Negeri 12 Surabaya. This research uses quantitative descriptive with true-experimental (pre test-post test control group design) with two class. X-MIA 2 for experiment class and X MIA 1 for control class. Based on research, it can be concluded the implementation of assessment for learning with self assessment to improve understanding of newton’s law got a percentage of 80,0% with a very good category. Subsequently the pre test and post test data were analyzed using T-test and N- gain normalized test. It was obtained that the examined assessment for learning with self assessment in the Newton’s Law has increased the student’s understanding.
Keywords: Assessment for Learning, Self Assessment, Improve Understanding