Tujuan
dari penelitian pengembangan ini adalah mengetahui kelayakan serta keefektifan
dari media video tutorial materi pemodelan 3D hardsurface mata pelajaran teknik animasi 2 dan 3 dimensi terhadap
hasil belajar peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model
pegembangan Research and Development (R&D)
oleh Borg and Gall. Teknik pengumpulan yang dilakukan dalam uji kelayakan menggunakan angket
wawancara yang melibatkan ahli desain pembelajaran, ahli materi (bahan penyerta
dan materi), ahli media (bahan penyerta dan video tutorial), serta peserta
didik sebagai subjek uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar.
Teknik uji keefektifan menggunakan uji-t, dengan mengggunakan metode Randomized Postest-Only Control Group
Design yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperiment peserta didik
kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Driyorejo.
Hasil analisa data pengembangan
media video tutorial materi pemodelan 3D hardsurface
mata pelajaran teknik animasi 2 dan
3 dimensi di SMK Negeri 1 Driyorejo didukung dari data uji kelayakan yang
dilakukan dengan ahli desain pembelajaran = 100% “sangat baik”, ahli materi = 100%
“sangat baik”, ahli bahan penyera = 97,36% “sangat baik”, ahli media video
tutorial = 100% “sangat baik”, serta
data uji coba peserta didik perorangan = 96,29% “sangat bak”, uji coba kelompok
kecil = 95,37% “sangat baik”, dan uji coba kelompok besar = 97,35% “sangat
baik”, menunjukkan bahwa layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Data
tersebut diperkuat dengan hasil analisa uji keefektifitasan media video
tutorial materi pemodelan 3D hardsurface mata
pelajaran teknik animasi 2 dan 3 dimensi kelas XI multimedia di SMK Negeri 1
Driyorejo di dukung data post-test unjuk kinerja kelas kontrol dan kelas
eksperimen dengan analisis uji-t yaitu (thitung 2,72). Dengan perhitungan taraf
signifikan 5% db = (30 + 30) - 2 = 58, maka diperoleh ttabel = 2,00
dan thitung = 2,72. Sehingga thitung lebih besar dari ttabel
yaitu 2,72 > 2,00. Maka dapat disimpulkan bahwa media video tutorial efektif
digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan,
Video Tutorial, Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi, Pemodelan 3D Hardsurafce .