Penerapan Integrated Marketing Communication Toko Kopi Padma dalam Menarik Pelanggan
Implementation of Integrated Marketing Communication Toko Kopi Padma in Attracting Customers
Tren mengonsumsi kopi menciptakan sebuah bisnis kekinian yaitu coffee shop. Di era ini, komunikasi pemasaran yang kerap digunakan yaitu Strategi Integrated Marketing Communication (IMC). IMC adalah konsep strategi dalam sebuah bisnis. Kafe yang mengusung melakukan komunikasi pemasaran menggunakan IMC adalah Toko Kopi Padma. Coffee shop yang mengusung tema kuno atau vintage mengambil sub-name Padma Kopi Tjantik. Tempat ini berlokasi di Surabaya. IMC memadukan berbagai elemen komunikasi pemasaran perusahaan dalam rangka mencapai hasil pemasaran yang optimal yang menyatakan bahwa teori Integrated Marketing Communication atau IMC merupakan bentuk komunikasi yang tertuju pada perencanaan, pembuatan, penyatuan, dan pelaksanaan atau penerapan berbagai bentuk komunikasi pemasaran. Tujuan dari IMC adalah baik secara langsung maupun tidak langsung, mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa. Penelitian ini menjelaskan bahwa Toko Kopi Padma menerapkan lima dari delapan aspek IMC, diantaranya advertising (periklanan) secara online yaitu Instagram Ads. Event and experience kegiatan opening dan launching coffee shop. Aspek public relation and publicity, kerja public relation dilakukan oleh owner dengan masuk ke berbagai komunitas penggiat kopi dan memperluas jaringan. Kini Toko Kopi Padma sedang mengembangkan sebuah website. Di Toko Kopi Padma, segala bentuk komunikasi pemasaran via daring dan social media marketing berada di bawah koordinasi antara creative team dan owner. Kemudian aspek personal selling dengan pemberian tester.
Kata Kunci: IMC, Menarik Pelanggan
The trend of consuming coffee creates a contemporary business, namely coffeee shop. In this era, marketing communication that is often used is the Integrated Marketing Communication (IMC) Strategy. IMC is the concept of strategy in a business. The café that carries out marketing communications using IMC is Padma Coffee Shop. Coffe shop that carries an ancient or vintage theme takes the sub-name Padma Kopi Tjantik. This place is located in Surabaya. IMC combines various elements of corporate marketing communication in order to achieve optimal marketing results which states that the theory of Integrated Marketing Communication or IMC is a form of communication that is focused on planning, making, unifying, and implementing or implementing various forms of marketing communication. The purpose of IMC is either directly or indirectly, to influence potential customers to purchase products or use services. This research explains that Padma Coffee Shop applies five of eight aspects of IMC, including online advertising, namely Instagram Ads. Event and experience of opening and launching coffee shop. Aspects of public relations and publicity, public relations work is carried out by the owner by entering various coffee activist communities and expanding networks. Now Padma Coffee Shop is developing a website. At Padma Coffee Shop, all forms of online marketing communication and social media marketing are under coordination between the creative team and the owner. Then the personal selling aspect with the provision of testers.
Keywords: IMC, Attract Customers