Salah satu kemampuan dasar penentu
tersampaikannya pesan atau gagasan agar dapat dipahami arti dan maknanya oleh
pembelajar bahasa asing adalah penguasaan pola kalimat. Pemilihan metode
pembelajaran yang tepat perlu dilakukan dalam menciptakan pembelajaran yang
aktif dan sesuai dengan tujuan. Media Sugoroku adalah media permainan
yang dikembangkan menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman siswa terhadap pola kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini menguji
cobakan media Sugoroku sebagai media pendukung dalam pembelajaran dengan
metode kooperatif tipe STAD pada pembelajaran pola kalimat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penerapan metode kooperatif
tipe STAD dengan media Sugoroku terhadap kemampuan penguasaan pola kalimat
bahasa Jepang kelas
X MIA 3 SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik tahun pelajaran 2018/2019.
Media Sugoroku telah di uji cobakan
dengan menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimen yaitu rancangan the
one shot case study untuk kemudian digunakan dalam penelitian dengan
pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Pendekatan dipilih karena
penelitian hanya menggunakan
satu subjek penelitian . Penelitian
dilakukan di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik dengan populasi siswa kelas X MIA
SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. Teknik purposive
sampling digunakan untuk menentukan sampel dan
didapatkan kelas X MIA 3 sebagai sampel penelitian. Pada kelas eksperimen diterapkan metode
kooperatif tipe STAD dengan media Sugoroku dalam pembelajaran pola
kalimat bahasa Jepang.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa :
i ) Hasil t-test kelas eksperimen menunjukkan
nilai signifikansi sebesar t (kelas eksperimen)
= 9,58 > t(tabel) =
2,82 , dinyatakan bahwa
ada perbedaan signifikan antara M pre dan M post pada
kelas eksperimen yang menunjukkan
bahwa pembelajaran di kelas eksperimen efektif.
ii)
Penggunaan Media Sugoroku berpengaruh
positif terhadap : antusiasme dan keaktifan serta keberanian siswa dalam
berpendapat, mudah dimainkan sebagai renshuu
dalam proses pembelajaran pola kalimat, menciptakan suasana belajar yang aktif
dan membantu siswa untuk lebih mudah memahami pola kalimat bahasa Jepang dan
meningkatkan kemampuan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang.
Kata Kunci : Sugoroku, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pola Kalimat
Bahasa Jepang