Exploring Symbols on Dr. Seuss' Children Books to Represent the Character Building
Abstrak
Anak merupakan aset bangsa yang harus memiliki karakter dan kreativitas yang baik. Mereka memiliki masa keemasan yang merupakan waktu terbaik untuk mengeksplorasi segala sesuatu di sekitar mereka. Sastra Anak bisa menjadi pilihan orang tua untuk memberikan sumber bacaan kepada mereka untuk mengembangkan daya imajinasinya. Theodor Seuss Geisel yang dikenal dengan nama Dr. Seuss menulis buku anak-anak yang penuh dengan simbolik pemaknaan. Pertanyaan Penelitian dalam penelitian ini berkaitan dengan: 1. Apa arti simbol yang digunakan oleh Dr. Seuss dalam buku anak? 2. Bagaimana simbol-simbol representatif yang dikembangkannya mengacu pada proses psikologis dalam penggambaran teks? 3. Bagaimana simbol-simbol tersebut merepresentasikan pembentukan karakter dalam cara pandang anak-anak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna simbol, bagaimana simbol tersebut digunakan pada teks dan bagaimana simbol tersebut merepresentasikan pembentukan karakter dalam cara pandang anak.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis tekstual untuk mendapatkan makna dari symbol yang digunakan melalui pendekatan simotik oleh Pierce dan cara penyampaian gagasan berdasarkan prinsip-prinsip proses psikologi di dalam teks yang dikemukakan oleh Sigmund Freud. Wawancara dan kuesioner digunakan untuk mendaptakan pandangan anak terhadap penggunaan simbol dalam merepresentasikan pembentukan karakter melalui proses perkembangan mental anak oleh Piaget. Sumber data penelitian ini adalah buku anak Dr. Seuss yang berbentuk naratif; Horton Hatches the Egg, Thidwick-the Big Hearted Moose, The Kings 'Stilts, serta Bartholomew and the Oobleck sedangkan data dalam penelitian ini adalah semua jenis informasi dalam sumber data yang mana proses data analisis dilakukan dengan sinkronis dan diakronis proses. Validasi data di lakukan menggunakan assessmen pembentukan karakter, struktur teks narasi, dan proses perkembangn mental anak sebagai bentuk instrument tambahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna simbol-simbol yang digunakan dalam buku anak Dr. Seuss mengandung nilai pengembangan karakter yang dapat mendukung pemenuhan pendidikan karakter dalam sikap sosial. Di sisi lain, makna simbolik konvensional disinergikan dengan penggunaan simbol-simbol dalam konsep id, ego, dan superego melalui struktur teks yang meliputi orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan coda. Cara pandang anak terhadap simbol yang digunakan dapat menunjukkan representasi mentalnya sebagai bentuk refleksi dari pengalaman masa lalu dan rencana pengalaman perilaku masa depan. Dapat disimpulkan bahwa explorasi simbol dalam buku anak karya Dr. Seuss merepresentasikan pada pembentukan karakter yang berimplikasi terhadap nilai pendidikan karakter yang dipahami melalui proses membaca dengan pendampingan orang tua atau guru untuk mengarahkan anak agar memiliki karakter positif sebagai aset bangsa. Hal tersebut dimulai dengan munculnya kesadaran akan kebiasaan membaca sejak dini pada anak-anak beriringan dengan tumbuh kembangnya.
Kata kunci: simbol, Dr.Seuss, Anak, pembentukan karakter
Abstract
Children are the asset of the nation that must have good characters and creativity. They have good period called the golden age that is the best time to explore everything around them. Children Literature could become the option for parents to give them the source of reading in order to develop their imaginations. Theodor Seuss Geisel known as the name of Dr. Seuss wrote children books were full of symbols. Research Questions in this study deal with: 1. What are the meanings of symbols used by Dr. Seuss in his children books? 2. How are representative symbols developed by him referring to psychological process in the figure of texts? 3. How could those symbols represent the character building to the way of children views? This study aims to find out the meaning of symbols, how the symbols are employed to the figure of texts and how could they represent the character building to the way of children views.
This study was descriptive Qualitative by using textual analysis to get the meanings of the used symbols through semiotic approach by Pierce and the way he delivered the ideas based on the principle of psychological process to the figure of texts stated by Freud. Interview and questionnaire were used to find out the children views to the employed symbols in representing the character building through children metal development process by Piaget. The source of data of this research were Dr. Seuss children books in the form of narrative; Horton Hatches the Egg, Thidwick-the Big Hearted Moose, The Kings’ Stilts, and Bartholomew and the Oobleck while the data in this research were all kinds of information in the source of data. They were analyzed synchronically and diachronically in the process of data analysis. Validity of the data was checked by using the assessment of character building, generic structure of narrative texts, and children mental development as the additional instrument of research.
The results showed that the meanings of symbols used in Dr.Seuss children books were full of character traits which could support the stated nation character traits. On the other hand, conventional symbolic meanings were synergized to the used symbols which were wrapped in the concept of id, ego, and superego through the generic structure of texts involving orientation, complication, evaluation, resolution, and coda. The way of children views to the used symbols could perform their mental representation as the reflection to the past experiences and future behavioral experiences plans. To sum up, exploring symbols in Dr. Seuss’ children books appear the character building. It implicates the character education comprehended through guided reading process by parents or teachers to set the children having positive character traits as the asset of nation. It’s hoped that the awareness of reading habits could be started in early period of children as well.
Key words: Symbols, Dr.Seuss, Children, character building