Representasi Gaya Hidup Studi di Luar Negeri Dalam Unggahan Instagram Influencer Gitasav
"Representation of the Study Abroad Lifestyle from @Gitasav as an Influencer in Her Instagram posts”
Media instragram memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto dan video mengenai kegiatan sehari-hari hingga gaya hidupnya. Pengguna yang memiliki kebebasan dalam membagikan foto maupun video, memunculkan individu yang semakin kreatif untuk membuat kontennya menarik dan mengundang pengguna lain tertarik untuk melihat lamannya. Dari sinilah hadir sebutan selebgram atau influencer, memiliki ribu-an bahkan juta-an pengikut dan menjadikan seorang individu dengan keunikannya sebagai role model untuk ditiru dalam kegiatan sehari-seharinya. Peneliti tertarik untuk mendeskripsikan bagaimana gaya hidup pendidikan yang ditampilkan dalam postingan di media sosial instagram, mengambil judul penelitian “Representasi Gaya Hidup Studi di Luar Negeri Dalam Unggahan Instagram Influencer @Gitasav. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes yaitu mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos dari masing-masing foto. Hasil dari penelitian adalah Gaya hidup pendidikan studi di Luar Negeri yang diangkat oleh peneliti meliputi gaya hidup dalam belajarnya, gaya hidup dalam aktivisme, gaya hidup dalam bertemannya, gaya hidup Internasional Volunteer Tourism. Dalam unggahan akun @Gitasav, pada gaya hidup belajarnya ditunjukkan dalam unggahannya fasilitas yang digunakan seperti belajar melalui buku, menggunakan laptop dengan brand yang cukup terkenal, ditunjang ruangan yang rapi, bersih, dan nyaman membuat dirinya nyaman dalam proses belajarnya. Pada gaya hidup aktivismenya ditampilkan dalam unggahan dirinya berani menyampaikan isu sosial yang terjadi di sekitarnya. Pada gaya hidup bertemannya digambarkan dalam unggahannya memiliki hubungan yang erat dengan teman di lingkungan baru yang berbeda budaya, suku, dan agamanya. Pada gaya hidup Internasional Volunteer Tourism, digambarkan pada unggahannya yakni mengikuti pertukaran pelajar, bertemu dengan individu lainnya yang berbeda-beda kebudayaan dan menyelaraskannya untuk membentuk sebuah sistem tatanan pribadi yang lebih baik yaitu menerima perbedaan dari masing-masing individu dalam satu lingkungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa representasi akun instagram @Gitasav setelah dianalisis melalui unggahannya dipresentasikan sebagai sosok yang melakukan kegiatannya.
Kata Kunci: Instagram, sosial media, gaya hidup
Instagram allows users to share photos and videos on their daily activities through their lifestyle. Users that have the freedom to share photos and videos, lead those creative individuals to make the content enticing and invite other users to be interested in visiting their page. From here comes the term of celebgram or influencer, they have thousands and even millions of followers and makes an individual with their uniqueness as a role model to be followed in their daily activities. The researcher is interested in describing how the educational lifestyle is displayed in posts on Instagram as a social media, taking the research titled as "Presentment of the Study Abroad Lifestyle from @Gitasav as an Influencer in Her Instagram posts”. This type of research is a qualitative research using Roland Barthes Semiotics analysis that is looking for the meaning of denotation, connotation, and myth of each picture. The results of the research are the lifestyle of studying abroad which is adopted by the researcher including the lifestyle in learning, the lifestyle in activism, the lifestyle in making friends, the lifestyle of International Volunteer Tourism. In the upload of the @Gitasav account, her learning lifestyle is shown in her uploads of the facilities used such as studying through books, using a laptop with a fairly well-known brand, supported by a neat, clean, and comfortable room to make herself comfortable through the learning process. In her activism lifestyle, she dares to display in her uploads as she conveys the social issues that are happening around her. Her friendship lifestyle is described in her posts as having a close relationship with friends in a new environment of different culture, ethnicity, and religion. The International Volunteer Tourism lifestyle, depicted in her photos on her page, her participating in student exchanges, meeting other individuals from different cultures and adapting them to create a better personality who is accepting differences from each individual in one environment. After being analyzed through her posts in this study, it shows that the presentment of @Gitasav’s Instagram account is presented as a person who carries out her activities.
Keywords: Instagram, social media, lifestyle