PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPS
THE EFFECT OF THE THINK TALK WRITE LEARNING MODEL ON THE COGNITIVE ABILITY OF CLASS VIII STUDENTS IN LEARNING IPS
Nama : Muhammad Saifuddin Nur
NIM : 19041344012
Program Studi : S1 Pendidikan IPS
Jurusan : Pendidikan IPS
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Agus Suprijono, M. Si
Email : muhammadsaifuddin.19012@mhs.unesa.ac.id
Dalam dunia pendidikan seringkali tenaga pendidik kurang mengetahui pencapaian hasil atau sejauh mana pengetahuan peserta didiknya sehingga dalam hal ini pentingnya kemampuan kognitif peserta didik kerapkali diabaikan padahal kemampuan kognitif peserta didik dapat menjadi strandart untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Adanya model pembelajaran dapat menjadi alternatif untuk menciptakan keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think, talk, write terhadap kemampuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran IPS. Model penelitian dikemukakan pertama kali oleh Hunkeir dan Laughlin yang didasarkan pada pemahaman bahwa belajar merupakan sebuah perilaku sosial. Model pembelajaran think, talk, write merupakan strategi dimana bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu untuk berfikir, berbicara, dan menuliskan hasil ide gagasannya dalam tahap berfikir yang telah dilaluinya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive cluster sampling. Dalam hal ini peneliti mengambil sampel berjumlah 60 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 44 Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023 yakni sebanyak 237 peserta didik. Teknik pengumpulam data dilakukan dengan menyebarkan angket secara langsung. Penelitian ini mengunakan analisis statistik deskriptif dengan pengolahan data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program bantuan SPSS version 25. Hasil penelitian diperoleh dari uji paired sample t test didapat nilai sig. 0,0000 <0,005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang memiliki arti terdapat pengaruh yang signifikan antar variable. Uji korelasi product moment pearson dengan hasil 0,000 < 0,05 sehingga memiliki korelasi yang kuat antar variable sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengetahuan bagi seorang tenaga pendidik tentang pentingnya kemampuan kognitif dalam pendidikan dan manfaat yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran think, talk, write serta dapat digunakan sebagai khasanah pengetahuan bagi khalayak umum.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think, Talk, Write, Kemampuan Kognitif, dan Pembelajaran IPS
THE INFLUENCE OF THE THINK, TALK, WRITE LEARNING MODEL ON THE COGNITIVE ABILITY OF CLASS VIII STUDENTS IN LEARNING SOCIAL STUDIES
Name : Muhammad Saifuddin Nur
Study Program : Bachelor Degree of Social Studies Education
Department : Social Studies Education
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Agus Suprijono, M. Si
E-mail : muhammadsaifuddin.19012@mhs.unesa.ac.id
In the world of education, educators often do not know the achievement of results or the extent of the knowledge of their students so that in this case the importance of students' cognitive abilities is often ignored even though students' cognitive abilities can be a standard for improving the quality of education. The existence of a learning model can be an alternative to create success in learning. This study aims to determine the effect of the think, talk, write learning model on the cognitive abilities of students in social studies learning. The research model was first put forward by Hunkeir and Laughlin which is based on the understanding that learning is a social behavior. The think, talk, write learning model is a strategy which aims to encourage students to be able to think, speak, and write down the results of their ideas in the thinking stages they have passed.
The research method used in this study was a quasi-experimental quantitative study with a non-equivalent control group design. Samples were taken using a purposive cluster sampling technique. In this case the researcher took a sample of 60 respondents. The population in this study were all class VIII students at SMP Negeri 44 Surabaya for the 2022/2023 academic year, namely 237 students. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires directly. This study used descriptive statistical analysis with data processing in the form of validity tests, reliability tests, normality tests, homogeneity tests, and hypothesis testing using the help of the SPSS version 25 assistance program. The results obtained from the paired sample t test obtained sig. 0.0000 <0.005 so that H0 is rejected and H1 is accepted which means there is a significant influence between variables. Pearson product moment correlation test with results of 0.000 <0.05 so that it has a strong correlation between variables so that the results of this study can be used as knowledge for an educator about the importance of cognitive abilities in education and the benefits obtained from applying the think, talk, write learning model and can be used as a repertoire of knowledge for the general public
Keywords: Think, Talk, Write Learning Model, Cognitive Ability, and Social Studies Learning