ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT)
TERHADAP PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
KELAS X IIS SMA NEGERI 1 PORONG
Nama : Yunidahar Dwi
Chaesareine
NIM :
15080554070
Program Studi : S1 Pendidikan
Ekonomi
Jurusan : Pendidikan
Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Muhammad Abdul
Ghofur, S.E., M.Pd.
Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah ada pengaruh antara
model pembelajaran kooperatif tipe team game turnament terhadap partisipasi
siswa, pembelajaran kooperatif tipe team game turnament terhadap hasil belajar
siswa, dan untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe team game turnament terhadap partisipasi siswa dan
hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental
Design dengan jenis desain The Matching Only
Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1
Porong. Sampel yang diambil kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IIS
4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Hasil
penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team game
turnament berpengaruh terhadap partisipasi siswa dengan rata-rata partisipasi
siswa kelas eksperimen 42,5 , dan kelas kontrol 24,7 dengan nilai F pada uji manova
sebesar 95.468 dengan
signifikasi 0,000 dimana nilai sig <0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe
team game turnament juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai
F hitung 7.508 sebesar dengan
signifikasi 0,008 dimana nilai sig <0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe
team game turnament juga berpengaruh pada partisipasi siswa dan hasil belajar
siswa dengan F hitung untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hoteling Trace, Roy’s
Large Root memiliki nilai F hitung 53.590 dengan taraf
signifikasi 0,000 dan semuanya lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team game turnament
berpengaruh terhadap partisipasi siswa dan hasil belajar siswa. Pada model
pembelajaran ini peran guru sangat berpengaruh, sehingga sebelum dimulainya
suatu pembelajaran sebaiknya ada aturan dan mampu dalam mrngkondisikan keadaan
dalam kelas dan pada kelompok belajar di kelas.
Kata Kunci: Team Game Turnament, Partisipasi siswa, dan Hasil Belajar Siswa