Makna Denotatif dan Konotatif pada Iklan BMW Berbahasa Jerman
Denotative and Connotative Meanings of BMW Ads in German
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan makna denotatif dan konotatif dalam iklan BMW. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam iklan BMW. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik studi dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Penzl & Bussman, Shchipitsina, dan Keraf. Hasil penelitian menunjukkan 5 iklan mengandung makna denotatif dan konotatif. Makna denotatif dapat ditemukan di dalam kamus karena merupakan makna primer, sedangkan makna konotatif tidak dapat ditemukan di setiap kata dan harus dipahami secara konteks yang berkaitan dengan iklan. Makna denotatif yang ditemukan dalam setiap kata yang terdapat dalam iklan BMW dapat ditemukan dengan mencari arti primernya dalam kamus, sedangkan untuk kata yang termasuk ke dalam kata bermakna konotatif harus disesuaikan dengan konteks iklan, seperti visualisasi iklan, model, atau kalimat-kalimat penjelas lainnya yang bisa ditemukan dalam iklan yang dimaksud.
The purpose of this research is to describe the denotative and connotative meanings in BMW advertisements. The data in this study are words, phrases, and sentences contained in BMW advertisements. The research method used is qualitative, with documentation study techniques. The theory used is Penzl & Bussman, Shchipitsina, and Keraf. The results showed that 5 advertisements contained denotative and connotative meanings. The denotative meaning can be found in the dictionary because it is the primary meaning, while the connotative meaning cannot be found in every word and must be understood in context related to advertising. The denotative meaning found in every word in the BMW advertisement can be found by looking up its primary meaning in the dictionary, while words that are included in the connotative meaning must be adapted to the advertising context, such as advertising visualizations, models, or other explanatory sentences. can be found in the ad in question.