Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar dengan Lingkungan Keluarga sebagai Variabel Moderating
The Influence of Learning Motivation and Learning Activities on Learning Outcomes with Family Environment as a Moderating Variable
Abidin, Zainal. 2024. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Beajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderating. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. dan (II) Dr. Lucky Rachmawati, S.E.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar keluarga siswa SMP Negeri 31 Samarinda (2) Untuk menganalisis pengaruh antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar keluarga siswa SMP Negeri 31 Samarinda (3) Untuk menganalisis pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar yang dimoderasi lingkungan keluarga belajar siswa SMP Negeri 31 Samarinda (4) Untuk menganalisis pengaruh antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar yang dimoderasi lingkungan keluarga siswa SMP Negeri 31 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 118 siswa. Penelitian ini melibatkan 4 variabel, yaitu motivasi belajar, aktivitas belajar, lingkungan keluarga dan hasil belajar. Data dikumpulkan melalui angket dan ulangan harian. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar, aktivitas belajar dan lingkungan keluarga, sementara ulangan harian digunakan untuk menilai hasil belajar. Analisis data dilakukan menggunakan SEM PLS
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berperan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar (koefisien 0,320; P-Value < 0,05. Sebaliknya, aktivitas belajar menunjukkan pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap hasil belajar (koefisien -0,175; P-Value > 0,05). Adapun lingkungan keluarga tidak berperan signifikan sebagai variabel moderasi baik dalam hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar (koefisien -0,009; P-Value > 0,05) maupun aktivitas belajar dan hasil belajar (koefisien 0,191; P-Value > 0,05).
Kata Kunci: motivasi belajar, aktivitas belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar, moderasi
Abidin, Zainal. 2024. The Influence of Learning Motivation and Learning Activities on Learning Outcomes with Family Environment as a Moderating Variable. Thesis. Master Program in Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. and (II) Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si.
This study aims to: (1) analyze the effect of learning motivation on the academic achievement of students from SMP Negeri 31 Samarinda families; (2) analyze the effect of learning activities on the academic achievement of students from SMP Negeri 31 Samarinda families; (3) analyze the effect of learning motivation on academic achievement moderated by the family environment of SMP Negeri 31 Samarinda students; and (4) analyze the effect of learning activities on academic achievement moderated by the family environment of SMP Negeri 31 Samarinda students.
This research adopts a quantitative approach. The sample consists of 118 students and involves four variables: learning motivation, learning activities, family environment, and academic achievement. Data collection was conducted through questionnaires and daily tests. The questionnaires measured learning motivation, learning activities, and family environment, while the daily tests assessed academic achievement. Data analysis was performed using SEM-PLS.
The results indicate that learning motivation plays a significant role in improving academic achievement (coefficient 0.320; P-Value < 0.05). On the other hand, learning activities have a negative and insignificant effect on academic achievement (coefficient -0.175; P-Value > 0.05). Furthermore, the family environment does not significantly moderate the relationship between learning motivation and academic achievement (coefficient -0.009; P-Value > 0.05) or between learning activities and academic achievement (coefficient 0.191; P-Value > 0.05).
Keywords: learning motivation, learning activities, family environment, learning outcomes, moderation