Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Evaluasi Layanan Surabaya Single Window (SSW) Pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya
Kode Dokumen
:
0005/FISH-AN/2021
Penulis Utama
:
YAZID DWI KURNIAWAN
NIM Penulis Utama
:
17040674032
Tahun
:
2021
Judul ID
:
Evaluasi Layanan Surabaya Single Window (SSW) Pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya
Judul EN
:
Surabaya Single Window (SSW) Service Evaluation at
Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap
(UPTSA) in Surabaya City
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Jurusan S1 Ilmu Administrasi Negara - 17040674032 - 2021
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
P
elayanan publik di Indonesia menjadi hal penting yang harus diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah kepada masyarakat dituangkan dalam kebijakan khususnya pelayanan perizinan. Salah satunya Kota Surabaya yang mengeluarkan kebijakan
e-Government
pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya, bernama
Surabaya Single Window
(SSW) dan tertuang dalam Peraturan Walikota Surabaya No. 28 Tahun 2013. SSW merupakan sistem pelayanan online dalam bidang perizinan. Setelah dilaksanakan sistem SSW dan berjalan beberapa tahun, perlu dilakukan perbaikan dengan mempertimbangkan evaluasi yang telah didapatkan dari masyarakat. Jenis penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian yaitu metode studi pustaka. Fokus penelitian terletak pada proses evaluasi dari implementasi SSW. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan SSW pada kriteria evaluasi efektifitas SSW dikatakan efektif, selanjutnya di dalam efisiensi SSW sangat efisien dalam pelayanan publik. Di kriteria kecukupan SSW dikatakan belum menjangkau semua pelayanan perizinan dan umum di semua OPD Surabaya, selanjutnya diperataan
masih terdapat perbedaan di dalam pelayanan perizinan dan dalam layanan yang diberikan kepada pengguna. Kemudian pada kriteria responsivitas sistem SSW sangat di respon baik bagi pengguna layanan dan di kriteri ketepatan terdapat kendal di mana terdapat pengguna yang belum paham mengakses SSW. Maka peneliti menyarankan agar melakukan pembenaran data atau penyempurnaan data, agar terdapat pegawai khusus untuk mendampingi pengguna dalam mengurus perizinan, dan UPTSA harus meluaskan jaringan ke OPD lainnya yang terdapat jenis pelayanan perizinan dan perizinan umum seperti perizinan di Bangkesbangpol, agar bisa di akses melalui aplikasi SSW.
Kata Kunci :
Evaluasi
,
Surabaya Single Window
(SSW)
,
Pelayanan Perizinan
Abstrak EN
:
Public services in Indonesia important things must be provided by central and regional governments to community as outlined in policies, especially licensing services. One of them is city of Surabaya which issued public service e-Government policy implemented by One-Stop Integrated Service Unit (UPTSA) City of Surabaya, namely Surabaya Single Window (SSW) as stipulated in the Regulation
Mayor of Surabaya No. 28 year 2013. SSW is online service system in field licensing. After
SSW system has been implemented and has running several years, it is necessary to make improvements by considering evaluations have been obtained from community. Type research conducted using descriptive research with research methods, namely method literature study. Result of study conclude implementation SSW on evaluation criteria effectiveness SSW is said to be effective, then in SSW efficiency it is very efficient in public services
.
In the SSW adequacy criteria, it said that not reached all licensing and general services in all OPD Surabaya, furthermore there still differences in licensing services and in services provided to users. Then SSW system responsiveness criteria very well responded to service users and in accuracy criteria there controls where users who do not understand accessing SSW. Researchers suggested data justifications or data improvements were made, there were special employees to assist users in managing permits, and UPTSA must expand its network to OPD there are types general licensing and licensing services such as permits in Bangkesbangpol, so they can be accessed through
SSW application.
Keywords
:
Evaluation,
Surabaya Single Window (SSW)
, licensing services
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran