Tingkat Kedisiplinan Siswa Sekolah Sepakbola Indonesia Muda Bojonegoro Kelompok Umur 15 Tahun
Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga prestasi yang memerlukan pembinaan yang baik dan benar. Pembinaan sepakbola khususnya usia muda, siswa selalu dilatih dengan program latihan pokok yaitu fisik, teknik, taktik dan mental. Namun, dalam pembinaan sepakbola usia muda pelatih dituntut tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana membentuk keterampilan bermain sepakbola yang bagus saja, tapi pelatih juga harus mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang positif kepada siswanya. Salah satu nilai pendidikan karakter positif yang perlu ditanamkan dalam pembinaan sepakbola adalah kedisiplinan. Hal tersebut perlu diadakan di sekolah-sekolah sepakbola khususnya di sekolah sepakbola Indonesia Muda Bojonegoro. Terdapat penurunan yang dialami oleh sekolah sepakbola Indonesia Muda Bojonegoro dalam mencetak bibit pemain muda yang berbakat dibandingkan dengan yang dulu. Tujuan penelitian ini adalah tentang kedisiplinan untuk mengetahui tingkat, faktor serta bagaimana solusi untuk mengatasi masalah kedisiplinan yang dialami di sekolah sepakbola tersebut. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan mengambil sasaran penelitian siswa sekolah sepakbola khususnya usia 15 tahun. Data yang diperoleh dengan menggunakan angket/checklist, wawancara, serta dokumentasi terhadap sasaran penelitian. Kemudian data diolah menggunakan rumus mean/rata-rata lalu dicari persentasenya. Hasil yang ditemukan rata-rata nilai siswa sekolah sepakbola Indonesia Muda Bojonegoro adalah 60,9 dengan persentase 60,9%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa sekolah sepakbola Indonesia Muda Bojonegoro termasuk dalam kategori tinggi.
Kata Kunci: sepakbola, usia muda, disiplin
Football is one of the sporting achievements that require good and correct coaching. Football coaching, especially at a young age, students are always trained in basic training programs, namely physical, technical, tactical and mental. However, in youth football coaching, the coach is required not only to teach about how to form good football playing skills, but the coach must also teach and instill positive character education values to his students. One of the positive character education values that need to be instilled in football coaching is discipline. This needs to be held in football schools, especially at the Bojonegoro Youth Indonesia football school. There is a decline experienced by the Bojonegoro Young Indonesian football school in producing talented young players compared to the past. The purpose of this research is about discipline to determine the level, factors and how the solution to overcome the disciplinary problems experienced at the football school. This research method is descriptive quantitative, by taking the research target of football school students, especially aged 15 years. The data obtained by using a questionnaire / checklist, interviews, and documentation of the research objectives. Then the data is processed using the mean / average formula and then the percentage is searched. The results found that the average score of the Indonesian Young Bojonegoro soccer school students was 60.9 with a percentage of 60.9%. Based on the data analysis, it can be concluded that the level of discipline of the Bojonegoro Young Indonesian soccer school students is in the high category.
Keywords: football, youth, discipline