IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK
IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODELS TO IMPROVE PJOK LEARNING OUTCOMES
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK materi kebugaran jasmani, mengetahui kinerja keterlaksanaan model pembelajaran inquiry, dan mengetahui respons terkait model inquiry. Pada penelitian ini sampel yang digunakan kelas X Reguler sebesar 32 peserta didik yang bertempat di SMA Al Islam Krian, Dusun Jeruk, Jeruk Gamping Kec. krian, Kab. Sidoarjo. Teknik analisis data menggunakan tiga teknik yang pertama N-Gain Score untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah adanya penerapan pada hasil belajar, observasi keterlaksanaan, dan angket respons. Hasil penelitian keefektifan tafsiran sebesar 74.54 masuk kategori cukup efektif, peningkatan hasil belajar sebesar 0.74%, masuk dalam kategori tinggi. Tabel output hasil uji t, diperoleh sig 0.000, yang berarti lebih kecil dari a 0.05, dengan demikian dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Implementasi model pembelajaran inquiry memberikan peningkatan hasil belajar PJOK materi kebugaran jasmani kelas X Reguler SMA Al Islam Krian tahun ajaran 2023/2024. Peningkatan hasil belajar diketahui dari hasil tes pretest dan posttest. Pretest sebesar 58.91 dan posttest sebesar 89.38, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar teori kebugaran jasmani, serta keterlaksanaan mendapatkan hasil sebesar 75%, masuk dalam kategori baik dibuktikan dengan lembar observasi, angket respons mendapatkan hasil sebesar 79.60, dapat dikatakan bahwa respons terkait penerapan model pembelajaran inquiry terbilang hasil yang positif baik untuk diterapkan dalam pembelajaran PJOK.
Kata Kunci: Inquiry, Hasil Belajar, Kebugaran Jasmani, dan PJOK.
This study aims to determine the improvement of PJOK learning outcomes of physical fitness material, determine the performance of the implementation of the inquiry learning model, and find out the responses related to the inquiry model. In this study, the sample used for class X Regular amounted to 32 students located at SMA Al Islam Krian, Dusun Jeruk, Jeruk Lime Kec. krian, Kab. Sidoarjo. Data analysis techniques use the first three techniques, N-Gain Score, to determine the difference before and after the application of learning outcomes, implementation observation, and response questionnaires. The results of the interpretation effectiveness study of 74.54 were categorized as quite effective, increased learning outcomes by 0.74%, included in the high category. The output table of the test result t, obtained sig 0.000, which means smaller than a 0.05, thus said Ho rejected and Ha accepted. The implementation of the inquiry learning model provides an improvement in the learning outcomes of PJOK physical fitness material for class X Regular SMA Al Islam Krian for the 2023/2024 school year. Improvement in learning outcomes is known from pretest and posttest test results. Pretest of 58.91 and posttest of 89.38, it can be concluded that the inquiry learning model can improve the learning outcomes of physical fitness theory, and the implementation of getting results by 75%, is included in the good category as evidenced by observation sheets, response questionnaires get results of 79.60, it can be said that responses related to the application of the inquiry learning model are fairly positive results to be applied in PJOK learning.
Keywords: Inquiry, Learning Outcomes, Physical Fitness, and PJOK.