Principal Academic Supervision in The Implementation of Online Learning
Pelaksanaan pembelajaran daring merupakan suatu tantangan bagi guru di Indonesia. Agar dapat melalui tantangan tersebut, diperlukan adanya supervisi akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Tujuan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengetahui proses supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur oleh Nazir dengan menggunakan sumber dari beberapa artikel. Telaah artikel menghasilkan penemuan mengenai tahapan proses supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran daring antara lain: a) perencanaan supervisi dengan melakukan bimbingan TIK dan pembuatan instrumen supervisi pembelajaran daring; b) pelaksanaan supervisi dengan pelaporan jurnal pembelajaran daring, observasi dalam ruang kelas virtual, IHT, dan simulasi membuat perangkat pembelajaran daring; c) refleksi supervisi dengan menganalisis kelengkapan dokumen perangkat pembelajaran daring; d) tindak lanjut supervisi pembelajaran daring dengan berdiskusi secara online dengan guru untuk memecahkan masalah.
Kata Kunci: pembelajaran daring, supervisi akademik, kualitas pembelajaran.
Implementation of online learning is a challenge for teachers in Indonesia. To through the challenges, academic supervision is needed to improve the quality of online learning. The purpose of this research is to find out the process of academic supervision in the implementation of online learning. The method used in this research is the literature study method by Nazir that source by any articles. The article review resulted in findings the step of the academic supervision process in the implementation of online learning, including: a) supervision planning by conducting ICT and making supervision instruments for online learning; b) supervision implementation by reporting online learning, entering virtual classrooms, IHT, and making simulations of making online learning tools; c) reflection supervision is carried out by analyzing learning documents of online learning; d) follow-up supervision by online-based discussions with teachers to solve problems.
Keywords: online learning, academic supervision, quality of learning.