PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM BERBASIS DIGITAL “TARS” PADA MATERI LITOSFER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 SURABAYA
Development of Digital Laboratory Learning Media ‘TARS’ on Lithosphere Material to Enhance Student Engagement and Learning Outcomes at SMA Negeri 16 Surabaya
Lestary,Tika Chandrika. “Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Berbasis Digital “Tars” pada Materi Litosfer dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 16 Surabaya”.Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.2025.
Pembelajaran geografi pada materi litosfer dianggap abstrak dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif, sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil asesmen formatif di SMA Negeri 16 Surabaya, mayoritas peserta didik kelas X memperoleh nilai yang rendah. Penyebab utamanya adalah peserta didik kesulitan untuk mengidentifikasi jenis batuan dan tanah karena keterbatasan alat bantu pembelajaran seperti komparator batuan dan tanah. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan Terra Academy Rock and Soil (TARS), sebuah laboratorium digital berbasis untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dan menggunakan instrumen angket serta tes yang dilakukan di SMAN 16 Surabaya dengan melibatkan 70 peserta didik kelas X yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Validasi oleh ahli menunjukkan kelayakan tinggi (90,5% ahli materi, 92% ahli media). Hasil uji statistik menunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan keaktifan (88%) dan hasil belajar (pre-test 71, post-test 76) yang signifikan dibanding kelas kontrol (80% dan pre-test 71, post-test 72). Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,042 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol, membuktikan bahwa penggunaan TARS berdampak positif terhadap pembelajaran geografi. Namun, pengembangan ini masih memiliki keterbatasan, seperti belum mendukung perangkat dengan sistem operasi iOS, sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.
Kata Kunci: Pengembangan, Laboratorium Digital, TARS, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Lestary, Tika Chandrika. “Development ofDigital Laboratory Learning Media ‘TARS’ on Lithosphere Material to Enhance Student Engagement and Learning Outcomes at SMA Negeri 16 Surabaya.” Thesis. Faculty of Social and Political Sciences, 2025.
Geography learning on lithosphere material is considered abstract and lacks active student involvement, leading to low learning outcomes. Based on formative assessments at SMA Negeri 16 Surabaya, most tenth-grade students obtained low scores. The main cause is the difficulty in identifying rock and soil types due to the lack of learning aids such as rock and soil comparators. Therefore, this study developed Terra Academy Rock and Soil (TARS), a digital laboratory designed to enhance student engagement and learning outcomes. The research employed the ADDIE development model, using questionnaires and tests as instruments, and was conducted at SMA Negeri 16 Surabaya with 70 tenth-grade students, divided into experimental and control groups. Expert validation indicated a high feasibility level (90.5% from material experts, 92% from media experts). Statistical analysis showed a significant increase in engagement (88% in the experimental class compared to 80% in the control class) and learning outcomes (pre-test 71, post-test 76 in the experimental class; pre-test 71, post-test 72 in the control class). The independent sample t-test results showed a sig (2-tailed) value of 0.042 < 0.05, indicating a significant difference in learning outcomes between the experimental and control classes, proving that the use of TARS positively impacts geography learning. However, this development still has limitations, such as the lack of support for iOS devices, necessitating further improvements.
Keywords: Development, Digital Laboratory, TARS, Student Engagement, Learning Outcomes