INTERAKSI SOSIAL DALAM NOVEL-NOVEL OKKY MADASARI (KAJIAN SOSIOPRAGMAKRITIS)
SOCIAL INTERACTION IN OKKY MADASARI NOVELS (SOSIOPRAGMACRITICS STUDY)
Padmasari, Arumtyas Puspitaning. 2021. Interaksi Sosial dalam Novel-Novel Okky Madasari (Kajian Sosiopragmakritis). Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A. dan (II) Dr. Budinuryanta Yohannes, M.Pd.
Kata-kata Kunci: tindakan, konteks, pesan, wacana, bahasa, sastra,
Penelitian ini bertujuan mengkaji interaksi sosial dalam novel-novel Okky Madasari meliputi (1) tindakan para tokoh (terdiri atas perilaku rasional, berorientasi nilai, afektif, dan tradisional), (2) konteks pembangun dalam interaksi sosial (terdiri atas kondisi fisik, linguistik, pengetahuan umum, situasional, pengetahuan latar, dan pengetahuan psikologi sosial), (3) pesan historis dalam dimensi sosial (terdiri atas teks, praksis kewacanaan, dan sosiokultural).
Teori yang digunakan sosiopragmakritis. Penelitian ini berpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa kepustakaan. Sumber data novel-novel Okky Madasari, yaitu: Entrok, Pasung Jiwa, 86, Maryam, Kerumunan Terakhir, Yang Bertahan dan Binasa Perlahan, Mata di Tanah Melus, dan Mata dan Rahasia di Pulau Gapi. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat, dan teks. Teknik analisis data menggunakan hermeneutika objektif dengan analisis berangkai dan terinci didukung oleh diagram peta konsep (biogram). Teknik keabsahan data dilakukan dengan berdiskusi bersama dosen pembimbing serta rekan sejawat (berupa tanya jawab hasil pengumpulan dan analisis data).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku rasional, berorientasi nilai, afektif, dan tradisional yang merepresentasikan penggunaan bahasa dalam interaksi para tokoh untuk mengkritisi situasi dan kondisi sosial, (2) menunjukkan situasi dan kondisi sosial secara fisik, linguistik, pengetahuan umum, situasional, pengetahuan latar, psikologi, dan pengetahuan sosial dalam tuturan interaksi yang menegaskan hubungan bahasa interaksi dengan status sosial para tokoh yang melibatkan pemahaman sejarah dan budaya, dan (3) menunjukkan teks, praksis kewacanaan, dan praksis sosiokultural yang menyajikan makna dan pesan dalam menilai bahasa interaksi para tokoh terhadap permasalahan sosial.
Padmasari, Arumtyas Puspitaning. 2021. Social Interaction in Okky Madasari Novels (Sociopragmacritics Study). Dissertation, Language and Literature Education Program, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A. dan (II) Dr. Budinuryanta Yohannes, M.Pd.
Keywords: action, contexts, message, discourse, language, literature.
This study attempts to discover and describe: (1) the act of the story figures (consists of rational behavior, value-oriented, affective, and traditional), (2) the context of a builder in social interaction (consists of physical condition, linguistics, common knowledge, circumstantial, background knowledge, social, and psychology), (3) historical message in the social dimension (consists of the language text, discourse practice, and sociocultural practice) in Okky Madasari novels.
The theory used is sociopragmacritics. This research uses qualitative description. Data collection techniques are through literature and documentation. Data sources are Okky Madasari novels, namely: Entrok, Pasung Jiwa, 86, Maryam, Kerumunan Terakhir, Yang Bertahan dan Binasa Perlahan, Mata di Tanah Melus, and Mata dan Rahasia Pulau Gapi. Research data consist of words, phrases, sentences, and text. Data analysis techniques are using objective hermeneutics with torrent and detailed analysis supported by a mind concept diagram (biogram). Data validation techniques are using triangulation, peer debriefing, guided discussion, and external auditor.
The result of this research on social interaction in Okky Madasari novels (sociopragmacritics study) has shown (1) rational behavior, value-oriented, affective, and traditional representing the language use of story figures in interaction to scrutinize the social situation and condition, (2) demonstrate social situation and social physical condition, linguistics, general knowledge, circumstantial, background knowledge, psychology, and social knowledge in interaction language use with story figures social status that involves understanding in history and culture, and (3) show language text, discourse practice, and sociocultural practice that provides meaning and evaluation message of the story figures about social interaction problems.