PENGARUH KOMPETENSI KERJA, PERILAKU, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA
THE EFFECT OF WORK COMPETENCE, BEHAVIOR, AND SOCIAL MEDIA ON WORK PRODUCTIVITY
Ilham, 2023. Pengaruh Kompetensi Kerja, Perilaku, dan Media Sosial Terhadap Produktivitas Kerja. Disertasi, Program Studi S3 Pendidikan Vokasi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T. dan (II) Arie Wardhono, S.T., M.MT, M.T, Ph.D.
Kata-kata kunci: kompetensi kerja, perilaku, media sosial, produktivitas kerja, penguji berkala kendaraan bermotor.
Penelitian ini bertujuan menguji dan membuktikan produktivitas kerja dapat dipengaruhi oleh kompetensi kerja, perilaku, dan media sosial, kedua menguji dan membuktikan bahwa kompetensi kerja dan perilaku dapat mempengaruhi media sosial, ketiga menguji dan membuktikan kompetensi kerja dan perilaku dapat mempengaruhi produktivitas mediasi media sosial, keempat dengan mediasi media sosial kompetensi kerja dan perilaku akan memberikan nilai persentase lebih kecil untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengembangan item sub indikator variabel yang telah ada berdasarkan penelitian terdahulu, analisis deskriptif digunakan dalam melakukan analisis data responden dan menguji hipotesis menggunakan analisa jalur melalui Boostropping menggunakan Partial Least Square dengan program (SmartPLS Versi 4). Dalam peneltian ini yang menjadi responden adalah PNS yang memiliki kompetensi Penguji Berkala Kendaraan Bermotor yang bertugas di 33 (tiga puluh tiga) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Seluruh Indonesia sebanyak 301 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi kerja berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 0.265 atau 7.02%, perilaku berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 0.452 atau 20.43%, media sosial berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 0.185 atau 3.40%, kompetensi kerja berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap media sosial sebesar 0.493 atau 24,30%, perilaku berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap media sosial sebesar 0.306 atau 9.00%. Secara tidak langsung kompetensi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 0.091 atau 0.93%, dan Secara tidak langsung perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 0.057 atau 0.32%.
Untuk meningkatkan pengaruh kompetensi kerja terhadap produktivitas kerja secara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.153 – 0.378 atau (15.3% - 37.8%), untuk meningkatkan pengaruh perilaku terhadap produktivitas kerja secara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.337 – 0.559 atau (33.7% - 55.9%), untuk meningkatkan pengaruh media sosial terhadap produktivitas kerja secara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.073 – 0.294 atau (7.3% - 29.4%), untuk meningkatkan pengaruh kompetensi kerja terhadap media sosial secara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.389 – 0.595 atau (38.9% - 59.5%), untuk meningkatkan pengaruh perilaku terhadap media sosial secara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.190 – 0.415 atau (19.0% - 41.5%), untuk meningkatkan pengaruh kompetensi kerja terhadap produktivitas kerja dengan mediasi media sosial dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.035 – 0.152 atau (3.5% - 15.2%), dan untuk meningkatkan pengaruh perilaku terhadap produktivitas kerja dengan mediasi media sosial dengan tingkat kepercayaan 95% dibutuhkan nilai batas bawah dan batas atas yaitu 0.019 – 0.104 atau (1.9% - 10.4%).
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kompetensi kerja, perilaku, dan media sosial mampu berperan sebagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, begitu pula kompetensi kerja dan perilaku berperan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi media sosial, dan dengan mediasi media sosial kompetensi kerja dan perilaku dapat pula mempengaruhi produktivitas kerja, untuk meningkatkan pengaruh kompetensi kerja terhadap produktivitas kerja dan meningkatkan pengaruh perilaku terhadap produktivitas kerja dengan tingkat kepercayaan 95% menggunakan media sosial sebagai mediasi akan lebih rendah target nilai atau persentase dicapai di banding tanpa mediasi media sosial.
Ilham, 2023. The Effect of Work Competence, Behavior, and Social Media on Work Productivity. Dissertation, S3 Vocational Education Study Program, Graduate School, Surabaya State University. Supervisors (I) Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T. and (II) Arie Wardhono, S.T., M.MT, M.T, Ph.D.
Keywords: work competence, behavior, social media, work productivity, motor vehicle periodic tester
This study aims to test and prove that work productivity can be influenced by work competence, behavior, and social media, secondly test and prove that work competence and behavior can affect social media, third test and prove work competence and behavior can affect social media mediation productivity, fourth with social media mediation work competence and behavior will provide a smaller percentage value to increase productivity work.
This study uses a quantitative approach by developing existing variable sub-indicator items based on previous research. Descriptive analysis is used in analyzing respondent data and testing hypotheses using path analysis through Boostropping using Partial Least Square with the program (SmartPLS Version 4). In this study, the respondents were civil servants with the competence of Motor Vehicle Periodic Examiners who served in 33 (thirty-three) Land Transportation Management Centers (BPTD) throughout Indonesia, as many as 301 people. The results showed that work competence had a direct, positive, and significant effect on work productivity by 0.265 or 7.02%, behavior had a direct, positive and significant effect on work productivity by 0.452 or 20.43%, social media had a direct, positive and significant effect on work productivity by 0.185 or 3.40%, work competence had a direct, positive and significant effect on social media by 0.493 or 24.30%, Behavior has a direct, positive and significant effect on social media by 0.306 or 9.00%. Indirectly, work competence has a positive and significant effect on work productivity by 0.091 or 0.93%, and indirect behavior has a positive and
significant effect on work productivity by 0.057 or 0.32%.
To increase the influence of work competence on work productivity directly with a 95% confidence level, a lower limit, and the upper limit value of 0.153 - 0.378 or (15.3% - 37.8%), to increase the influence of behavior on work productivity directly with a 95% confidence level, a lower limit and the upper limit value of 0.337 - 0.559 or (33.7% - 55.9%) is needed, to increase the influence of social media on work productivity directly by 95% trust level requires lower limit and upper limit values of 0.073 – 0.294 or (7.3% - 29.4%), to increase the influence of work competence on social media directly with a 95% trust level, lower and upper limit values are needed which are 0.389 – 0.595 or (38.9% - 59.5%), to increase the influence of behavior on social media directly with a 95% trust level,
lower and upper limit values are needed which are 0.190 – 0.415 or (19.0% - 41). 5%), to increase the influence of work competence on work productivity with social media mediation with a 95% confidence level, lower and upper limit values of 0.035 – 0.152 or (3.5% - 15.2%), and to increase the influence of behavior on work productivity with social media mediation with a 95% confidence level, lower and upper limit values of 0.019 – 0.104 or (1.9% - 10.4%) are needed.
This study shows the results that work competence, behavior, and social media can act as factors that affect work productivity, as well as work competence and behavior act as factors that can affect social media, and with the mediation of social media, work competence, and behavior can also affect work productivity, to increase the influence of work competence on work productivity and increase the influence of behavior on productivity Working with a 95% confidence level using social media as mediation will lower the target value or percentage achieved than without social media mediation.