Fatimah, Fitri Mur 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA melalui Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Literasi Sains Di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. dan (2) Dr. Suryanti, M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran 7E, literasi sains
Literasi sains adalah suatu kecakapan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitarnya serta mampu mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah agar dapat hidup dengan lebih nyaman, sehat dan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 7E yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SD.
Pengembangan perangkat pembelajaran IPA dalam penelitian ini menggunakan model 4D dengan desain penelitian pra ekperimen, one grup pre test post test. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan kepada 99 peserta didik kelas VI. Data penelitian dikumpulkan dengan cara: validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlakasanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik oleh pengamat, pelaksanaan tes literasi sains, serta pengisian angket respon peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan analisis uji t berpasangan dan anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangan valid dan reliabel dengan rincian rata-rata validasi silabus 4,27 dan reliabilitas 97%, rata-rata validasi RPP 4,37 dan reliabilitas 96%, rata-rata validasi BAPD 4,31 dan reliabilitas 95%, rata-rata validasi LKPD 1 adalah 4,73 dan reliabilitas 96%, rata-rata LKPD 2 adalah 4,73 dan reliabilitas 96%, rata-rata LKPD 3 adalah 4,66 dan reliailitas 95%, dan rata-rata soal tes literasi sains 4,38 dengan reliabilitas 95%. (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan dengan rata-rata persentase keterlaksanaan RPP pada pendahuluan adalah 92%, kegiatan inti 84%, penutupan 91%, pengelolaan waktu 90%, dan pengamatan suasana kelas 87%; aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan persentase tertinggi adalah melakukan penyelidikan dengan teman satu kelompok yaitu sebesar 92,2%, sedangkan persentase terendah adalah membaca (mencari dan memahami informasi dari teks bacaan) yaitu sebesar 61,1%; dan 87% respon peserta didik positif terhadap pembelajaran. (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan literasi sains dari level 1-2 menjadi level 6. Ada peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik secara statistik signifikan pada α = 5% dengan rerata N-Gain berkategori sedang dan tidak berbeda pada ketiga kelompok.
Fatimah, Fitri Mur 2018. Development of Science Learning Devices using the 7E Learning Cycle Model to improve Scientific Literacy at SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. dan (2) Dr. Suryanti, M.Pd
Keywords: 7E learning model, scientific literacy
Scientific literacy is an ability to understand natural and social phenomena around it and be able to make scientific decisions in order to live more comfortably, healthily and better. The aim of this study is to produce a learning tools for the 7E Learning Cycle model that is valid, practical, and effective to improve the scientific literacy of elementary school students.
The development of science learning devices in this study used a 4D model with a pre-experimental research design, one group pre test post test. The learning tools developed was tested on 99 of sixth grade students. The research data was collected by: learning device validation, observation of the learning and activity of students by observers, the implementation of scientific literacy tests, and filling in the questionnaire responses of students. The collected data was analyzed quantitatively and qualitatively by paired and ANOVA t test analysis.
The results showed that: (1) learning devices developed in the same category were valid and reliable with details of the average syllabus validation 4.27 and reliability 97%, average validation of lesson plans 4.37 and reliability 96%, average validation of BAPD 4.31 and reliability of 95%, the average validation of LKPD 1 is 4.73 and reliability is 96%, the average LKPD 2 is 4.73 and reliability is 96%, the average LKPD 3 is 4.66 and reliability is 95% , and the average scientific literacy test questions 4.38 with 95% reliability. (2) learning devices developed practically are used with an average percentage of RPP implementation in the introduction is 92%, 84% core activities, 91% closure, 90% time management, and 87% classroom atmosphere observation; the activity of learners during the learning process with the highest percentage is to conduct an investigation with a group friend that is equal to 92.2%, while the lowest percentage is reading (looking for and understanding information from the reading text) that is equal to 61.1%; and 87% of students' positive responses to learning. (3) learning devices developed are effective in enhancing students' scientific literacy. This is evidenced by the increase in scientific literacy from level 1-2 to level 6. There is an increase in students' scientific literacy skills statistically significant at α = 5% with the average N-Gain in the moderate category and not different in the three groups.