ABSTRAK
Sri Undiyani. 2019. Pengaruh
Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Keterampilan
Berpikir Kritis, Materi Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Pada
Siswa Kelas V SDN Pajaran 01 Saradan Madiun . Tesis , Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Suhanadji, M.Si., dan (II))
Dr. Hj. Rr. Nanik Setyowati, M.Si.
Kata-kata Kunci : pembelajaran
berbasis masalah, aktivitas belajar, berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan mengkaji: (1)
pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
terhadap aktivitas siswa materi
masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas V SDN Pajaran 01
Saradan Madiun, (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap
keterampilan berpikir kritis materi masalah-masalah sosial di lingkungan
setempat pada siswa kelas V SDN Pajaran 01 Saradan Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dengan desain nonequivalent
control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis masalah menggunakan uji-t
dengan bantuan software SPSS 24.00 for
windows.
Hasil dari analisis data menunjukkan
kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh
prosentase keterlaksanaan pembelajaran lebih tinggi dari kelas yang menerapkan
pembelajaran konvensional. Posttest menunjukkan rerata hasil
belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu dengan
nilai rata-rata sebesar 85,5 untuk kelas eksperimen; 80,5 untuk kelas kontrol. Hasil uji-t dengan taraf
signifikansi 0,05 diketahui nilai Sig.2
tailed sebesar 0,000<0,05 sehingga dinyatakan Ho ditolak dan Ha
diterima. Artinya ada perbedaan signifikan hasil belajar kelas eksperimen
dengan kelas kontrol pada saat posttest .
Berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis
maasalah terhadap aktivitas siswa materi masalah-masalah sosial di lingkungan
setempat pada siswa kelas V SDN Pajaran 01 Saradan Madiun, dan (2) ada pengaruh
penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa
kelas V SDN Pajaran 01 Saradan Madiun.