Aljabar merupakan salah satu konsep penting dalam matematika dan mulai diajarkan di kelas VII SMP. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan berpikir dan bernalar siswa secara aljabar yaitu dengan berpikir aljabar. Berpikir aljabar merupakan suatu aktivitas mental yang terdiri atas generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, pemodelan, berpikir analitis, dan organisasi. Sarana yang dapat digunakan untuk menggali berpikir aljabar siswa adalah pemecahan masalah. Masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah masalah matematika kontekstual. Berpikir aljabar pada setiap siswa dalam memecahkan masalah matematika kontekstual berbeda-beda berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah.
Hasil penelitian ini menunjukkan berpikir aljabar siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika kontekstual terdiri atas (1) generalisasi, mengidentifikasi hubungan antar objek dengan menggunakan tabel dan menemukan pola dari sekumpulan objek untuk menentukan suku berikutnya; (2) abstraksi, menjelaskan makna penggunaan simbol dan menggunakan simbol sebagai representasi dari generalisasi; (3) berpikir dinamis, memberikan cara/alternatif lain dalam memecahkan masalah dengan menggunakan gambar dan tabel; (4) pemodelan, merepresentasikan masalah yang diberikan dalam bentuk aljabar; (5) berpikir analitis, menyelesaikan persamaan untuk menentukan hasil akhir sebagai pemecahan masalah; (6) organisasi, menyusun data dari masalah yang diberikan dalam bentuk tabel. Berpikir aljabar siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika kontekstual terdiri atas (1) generalisasi, mengidentifikasi hubungan antar objek dengan menggunakan tabel dan menemukan pola dari sekumpulan objek untuk menentukan suku berikutnya; (2) abstraksi, menjelaskan makna penggunaan simbol dan menggunakan simbol sebagai representasi dari generalisasi; (3) berpikir dinamis, memberikan cara/alternatif lain dalam memecahkan masalah dengan menggunakan gambar; (4) pemodelan, merepresentasikan masalah yang diberikan dalam bentuk persamaan; (5) berpikir analitis, menyelesaikan persamaan menggunakan strategi bekerja mundur untuk menentukan hasil akhir sebagai pemecahan masalah; (6) organisasi, menyusun data dari masalah yang diberikan dalam bentuk tabel. Berpikir aljabar siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika kontekstual terdiri atas (1) generalisasi, mengidentifikasi hubungan antar objek dengan menggunakan tabel dan menemukan pola dari sekumpulan objek untuk menentukan suku berikutnya; (2) berpikir dinamis, memberikan cara/alternatif lain dalam memecahkan masalah dengan menggunakan gambar; (3) organisasi, menyusun data dari masalah yang diberikan dalam bentuk tabel.
Algebra is one of the important concepts taught in mathematics and began to be taught at the junior high school level in VII grade. One way to find out students' thinking and reasoning abilities algebraically is to algebraic thinking. Algebraic thinking is a mental activity consisting of generalization, abstraction, dynamic thinking, modeling, analytical thinking, and organization. The means that can be used to explore students' algebraic thinking is problem solving. The problem used in this research is contextual mathematical problems. Algebraic thinking in each student in solving contextual mathematical problems varies based on the level of mathematical abilities. The purpose of this research is to describe the algebraic thinking’s profile of junior high school students in solving contextual mathematical problems based on mathematical abilities. This research is uses a qualitative approach and uses data collection with test and interview methods. The subjects of this research were one student with high mathematical abilities, one student with medium mathematical abilities, and one student with low mathematical abilities.
The results of this research indicate algebraic thinking of student with high mathematical abilities, consists of (1) generalization, identifying relationships between objects by using tables and finding patterns from a set of objects to determine the next term; (2) abstraction, explaining the meaning of using symbols and using symbols as representation results of generalization; (3) dynamic thinking, providing alternative problem solving using images and tables; (4) modeling, representing problems that have been given in the form of algebra; (5) analytic thinking, solving equations to determine the final result as problem solving; (6) organization, compiling data from problems that have been given in the form of tables. Algebraic thinking of student with medium mathematical abilities, consists of (1) generalization, identifying relationships between objects by using tables and finding patterns from a set of objects to determine the next term; (2) abstraction, explaining the meaning of using symbols and using symbols as representation results of generalization; (3) dynamic thinking, providing alternative problem solving using images; (4) modeling, representing problems that have been given in the form of equations; (5) analytic thinking, solving equations using backward working strategies to determine the final result as problem solving; (6) organization, compiling data from problems that have been given in the form of tables. Algebraic thinking of student with low mathematical abilities, consists of (1) generalization, identifying relationships between objects by using tables and finding patterns from a set of objects to determine the next term; (2) dynamic thinking, providing alternative problem solving using images; (3) organization, compiling data from problems that have been given in the form of tables.