Tujuan dari Perancangan ini adalah untuk membuat sebuah media pembelajaran membaca untuk siswa kelas rendah. Media yang akan dirancang kali ini berupa media pembelajaran berbentuk 3D yang menarik, komunikatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas dasar. Perancangan media pembelajaran ini di buwat di karnakan siswa-siswi kelas dasar kelas satu Mi Nurul Huda sebagian besar belum bisa membaca dengan lancar. Sebelum membuat media papercraft, yang dilakukan adalah menganalisis target audiens dari media pembelajaran. Barulah membuat desain atau gambaran, setelah menbuat desain dilanjutkan dengan developing atau pengembangan desain ke bentuk 3D dengan aplikasi 3D. Dari tahap pengembangan di lanjut dengan Implementasi atau mewujudkan karya ke bentuk yang diinginkan. Tahap yang terahir adalah tahap evaluasi, runtutan proses ini disebut dengan tahap ADDIE. Dari alur atau proses di atas tadi barulah terbentuk media pembelajaran papercraft sebagai media pembelajaran membaca.
The purpose of this design is to make a medium for learning to read for low grade students. The media to be designed this time is in the form of 3D learning media that is interesting, communicative and in accordance with the needs of elementary class students. The design of this learning media is buwat because most of the first grade elementary students Mi Nurul Huda cannot read fluently.Before making papercraft media, what is done is to analyze the target audience of learning media. Then make a design or picture, after making the design, proceed with developing or developing the design into a 3D form with a 3D application. From the development stage, it is continued with the Implementation or realizing the work to the desired form. The last stage is the evaluation stage, the process sequence is called the ADDIE stage. From the above flow or process, papercraft learning media was formed as a medium for learning to read.