Development of Interactive Module for Text Writing Materials Exposition of Grade V Elementary School Students
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan validitas dan kepraktisan modul interaktif untuk materi menulis teks eksposisi siswa kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini digunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Namun dalam penelitian ini akan dimodifikasi menjadi model 3-D sampai tahap pengembangan (develope). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Untuk mengetahui validitas modul interaktif, digunakan lembar validasi yang diberikan untuk alhi materi dan ahli media. Sedangkan untuk mengetahui kepraktisan modul interaktif, digunakan angket yang ditujukan untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan validitas materi mendapat persentase 68,75% dengan kategori valid, sedangkan validitas media mendapat persentase 84,44% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui persentse kepraktisan modul interaktif yang diperoleh dari angket siswa sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan persentase kepraktisan modul interaktif yang diperoleh dari angket guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian yang telah disampaikan dapat disimpulkan bahwa modul interaktif yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks eksposisi siswa kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci : modul interaktif, menulis, eksposisi
This study aims to expose the validity and practicality of interactive modules for text writing materials exposition of grade V elementary school students. In this study, 4D development model was developed by Thiagarajan. But in this study will be modified into a 3-D model until the development stage (develope). The research instruments used are validation sheets and questionnaires. To find out the validity of the interactive module, a validation sheet is used for materials and media experts. As for knowing the practicality of interactive modules, questionnaires are used to determine the responses of students and teacher. The results showed the validity of the material got a percentage of 68.75% with a valid category, while the validity of the media got a percentage of 84.44% with a very valid category. Furthermore, based on the results of the study can be known percenttse practicality of interactive modules obtained from the questionnaire of students by 88% with a very practical category. While the percentage of practicality of interactive modules obtained from teacher questionnaires by 100% with a category is very practical. From the results of the research that has been submitted, it can be concluded that the interactive module developed is valid and practical to be used in the learning of Indonesian language materials to write exposition text of grade V elementary school students.
Keywords : interactive module, writing, exposition