Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Kompetensi Dasar Sistem Audio Mobil Kompetensi Keahlian TKRO SMK Semen Gresik
The Development Of Web-Based Learning Media For Basic Competencies Of Car Audio Systems Within Tkro Expertise Competence Of Semen Gresik Vocational School
Sekolah Menengah Kejuruan Semen Gresik (SMK Semen Gresik) merupakan sekolah kejuruan di Gresik yang terdapat mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kompetensi dasar system audio mobil. Pada proses pembelajarannya menggunakan media trainer yang jumlahnya terbatas sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Sehingga dengan adanya perkembangan teknologi berbasis IT maka diharapkan dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Salah satu perkembangan teknologi yang berkembang saat ini adalah pembelajaran yang menggunakan media berbasis web. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web sistem audio mobil, dan dapat mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Web serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis Web sistem audio mobil kompetensi keahlian teknik kendaraan otomotif di SMK Semen Gresik
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TKRO SMK Semen Gresik yang menempuh mata pelajaran x pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan Sistem Audio Mobil berjumlah 1 romble kelas dengan 8 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner atau angket digunakan untuk mengumpulkan data validasi media beserta respon peserta didik, dan instrumen tes untuk mengumpulkan data hasil belajar.
Kelayakan media pembelajaran berbasis web system audio mobil dianalisis berdasarkan validasi kelayakan oleh pakar ahli media dan materi serta hasil uji coba, hasil kelayakan media pembelajaran adalah 88,5% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dan hasil uji coba sebesar 90% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” Hasil belajar memiliki tingkat kelulusan sebesar 100%. Serta hasil perhitungan uji N-gain score sebesar 0,844 termasuk efektivitasnya dalam kategori tinggi. Dan hasil respon peserta didik adalah 85% termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Berdasarkan kondisi nyata dilapangan peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya agara memperhitungkan segala kendala yang akan terjadi, dan pengembangan media web dapat dilakukan pada mapel lainnya serta media web ini dapat digunakan oleh guru dan peserta didik SMK yang terdapat KD sistem audio mobil untuk membantu proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Web, Sistem Audio Mobil, Respon Peserta Didik, Hasil Belajar.
Semen Gresik Vocational High School (SMK Semen Gresik) is a vocational school in Gresik where the subject of electrical maintenance for light vehicles is car audio systems basic competence. In the learning process, commonly using a limited number of media trainers so that learning becomes less effective. By which it is expected that the development of IT-based technology can help the learning process more interesting and effective. One of the technological developments that is progressing nowadays is learning using web-based media. The purpose of this study was to produce and determine the feasibility of web-based learning media for car audio systems, and to be able to find out the learning outcomes of students after using Web-based learning media, as well as to find out students' responses to web-based learning media for car audio systems for automotive vehicle engineering expertise competency at SMK Semen Gresik.
The subjects in this study were students of class XII TKRO Semen Gresik Vocational School who took the subject of electrical maintenance for light vehicles Car Audio System, in total 1 class romble with 8 students. This research used the R&D method under the 4D (Four- xii D) development model, namely: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Disseminate. The Data collection techniques were carried out using questionnaires or questionnaires which used to collect media validation data along with student responses, and test instruments to collect data on learning outcomes.
The feasibility of web-based learning media for car audio systems is analysed based on feasibility validation by media and material experts as well as trial results, the feasibility results of learning media are 88.5% included as "Competent" criteria and the trial results of 90% are included as "Excellent" criteria. The learning outcomes have a pass rate of 100%. Likewise, the calculation result of the N-gain score test of 0.844 including its effectiveness in the high category. And the results of the student responses were 85% included as "Excellent" criteria. Based on the real conditions, the researcher provides suggestions for further researchers to consider all the obstacles that will occur, even the development of web media can be carried out in other subjects and this web media can be used by teachers and students in vocational school who have KD in car audio systems to help the learning process.
Keywords: Web-Based Learning Media, Car Audio Systems, Student Responses, Learning Outcomes.