Nama :
Indah Puspitasari
NIM :
13080314040
Program Studi : S-1
Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan :
Pendidikan Ekonomi
Fakultas :
Ekonomi
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Triesninda Pahlevi, S.Pd,.M.Pd
Materi
Alat dan Bahan Kearsipan merupakan Kompetensi Dasar yang dianggap sulit bagi
peserta didik. Hal ini disebabkan karena
beberapa faktor: (a) konsep materi alat dan bahan sebagian besar memuat
teori yang harus dihafal; (b)model dan metode pembelajaran kurang variatif;
(c)pemilihan alat peraga pemebelajaran yang kurang sesuai.Hal ini diduga
sebagai penyebab menurunnyahasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahuiapakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble
berbantuan media flanel board
terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitianTrue ExperimentPretest-Posttest Control
Group Design . Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang diperoleh hasil kelas X APK 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X APK 3 sebagai kelas kontrol.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dari kelas
kontrol sebesar 76% sedangkan dari kelas eksperimen sebesar 91%.Berdasarkan
analisis data uji-t diperoleh hasil bahwa t hitung
sebesar 3,721.Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan padat tabel
dengan taraf signifikan 5% dan df = 66, diperoleh t tabel =
1,996. Hasil ini menunjukkan bahwa t hitung >t tabel
(3,721> 1,996). Kemudian
pada hasil analisis selisih nilai pre-test
dan post-test diperolehnilai thitung sebesar 4 , 184 dengan taraf signifikansi 0,00. Sedangkan diketahui
nilai ttabel sebesar 1,996 dengan
taraf signikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 (0,00<0,05)
dan thitung > ttabel ( 4 , 184 >1,996).
Dengan demikian,
dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flanel board terhadap hasil belajar siswa. Di
mana hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran koopertif tipe scramble berbantuan media flanel board lebih tinggi daripada hasil
belajar peserta didik dari kelas kontrol yang tidak menggunakan perpaduan
metodescramble .
Kata Kunci: Kooperatif ,
Scramble , Hasil