PENGEMBANGAN MEDIA STEKPAN UNTUK KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN
Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pengembangan produk, desain prototype dan keefektifan penggunaan video tutorial penggunaan media STEKPAN guna membantu orang tua anak usia 4-5 tahun untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development atau pengembangan. Validasi produk dilakukan melalui google form dengan hasil bahwa media STEKPAN layak digunakan dan diproduksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada 50 responden yaitu orang tua anak usia 4-5 tahun melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini berupa video tutorial penggunaan media STEKPAN yaitu Stik Es Krim Papan. Hasil feedback orang tua menyatakan bahwa media STEKPAN layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 untuk anak usia 4-5 tahun. Implikasi penelitian ini adalah pada aspek kebermanfaatan video tutorial penggunaan media STEKPAN yang positif, dimana orang tua terbantu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak melalui video tutorial penggunaan media STEKPAN.
This research was conducted by researchers to learn about product development, prototype design and effectiveness of using video tutorials of STEKPAN media to help parents of children aged 4-5 years to improve the ability to recognize the concept of numbers 1-10 in children aged 4-5 years. This type of research is a type of R&D (Reaserch and Development) research, researchers using ADDIE model, that is Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. This research is only done up to the stage of Development. Product validation is done through google form with the result that STEKPAN media is worth using and producing. Data collection in this research used questionnaires addressed to 50 respondents, that is parents of children aged 4-5 through Google Form. The result of this research is a video tutorial on the use of STEKPAN media, that is Ice Cream Board Sticks. The results of parental feedback stated that STEKPAN media is feasible and effectively used to improve the ability to recognize the concept of numbers 1-10 for children aged 4-5 years. The implication of this research is on the usefulness aspect of positive STEKPAN media use video tutorials, where parents are helped to stimulate a child's cognitive development through a video tutorial on the use of STEKPAN media