Ekstrakurikuler merupakan wadah bagi siswa untuk menunjang kegiatan di luar sekolah. Salah satunya adalah ekstrakurikuler olahraga. Jika diamati, dari jenis ekstrakurikuler olahraga beregu dan perorangan memiliki karakteristik yang berbeda. Begitupula dengan kepribadian siswa yang memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing. Pengelompokan kepribadian manusia dapat dibagi menjadi dua yaitu ekstrover dan introver. Perbedaan karakter tersebut juga dikarenakan oleh perbdaan jenis kelamin yang memiliki sifat bawaaan pada masing-masing individu. Fenomena-fenomena tersebut seringkali ditemui pada saat peneliti melakukan kegiatan Program Praktek Pembelajaran (PPP) di sekolah, bahwa siswa yang cenderung memiliki kepribadian ekstrover lebih aktif saat kegiatan olahraga beregu, sedangkan siswa yang memiliki kecenderungan kepribadian introver lebih fokus ketika kegiatan olahraga perorangan. Begitu pula jika dilihat dari jenis kelamin siswa, bahwa siswa perempuan cenderung menyukai kegiatan olahraga perorangan, sedangkan laki-laki cenderung menyukai kegiatan olahraga beregu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dan jenis kelamin siswa dengan pilihan ekstrakurikuler olahraga yang ada di MAN 2 Mojokerto.
Sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan total populasi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga, berjumlah 88 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian non-eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif, dan metode analisis korelasi phi. Pengambilan data meliputi jumlah siswa yang aktif dan pemberian angket ekstrover-introver untuk mengetahui tipe kepribadian siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa MAN 2 Mojokerto yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga memiliki tipe keribadian introver, dan memilih jenis ekstrakurikuler beregu. Hal ini serupa dengan hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian siswa dengan pilihan ekstrakurikuler olahraga. Terlihat dari korelasi koefisiensi sebesar 0,297 dan signifikansi -0,111 yang <0,05. Namun jika dilihat dari jenis kelamin memiliki hubungan yang signifikan dengan pilihan ekstrakurikuler olahraga yakni ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,27 pada signifikansi 0,01.
KATA KUNCI : introver, ekstrover, olahraga beregu, olahraga perorangan
Extracurricular is a place for students to support activities outside of school. One of them is sports extracurricular. If observed, the types of extracurricular team sports and individuals have different characteristics. Likewise with the personality of students who have the characteristics and characteristics of each. The grouping of human personalities can be divided into two namely extroverted and introverted. The difference in character is also due to gender differences that have a nature trait in each individual. These phenomena are often encountered when researchers undertake Learning Practice Program activities in schools, that students who tend to have extroverted personalities are more active during team sports activities, while students who have introverted personality tendencies are more focused when individual sports activities. Similarly, when viewed from the sex of students, female students tend to like individual sports activities, while men tend to like team sports. So this study aims to determine the relationship between personality types and gender of students with sports extracurricular choices in MAN 2 Mojokerto.
The sample in this study was taken from the total population of students who took part in sports extracurricular activities, totaling sample is 88 students. This study uses a non-experimental type of research, with a quantitative approach, and the correlation analysis method phi. Data retrieval includes the number of active students and extroverted-introverted questionnaires to determine the personality type of the student. The results showed that the majority of MAN 2 Mojokerto students who took part in sports extracurricular activities had introvert personality types, and chose team extracurricular types. This is similar to the results of hypothesis analysis showing that there is no significant relationship between the personality types of students with extracurricular sports choices. It can be seen from the correlation coefficient of 0.297 and the significance of -0.111 which is <0.05. However, if viewed from the sex has a significant relationship with the choice of extracurricular sports that is indicated by a correlation coefficient of 0.27 at a significance of 0.01.
KEY WORDS: introvert, extrovert, team sport, individual sport