PENGARUH AKTIVITAS FISIK HARIAN TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SEKOLAH DASAR
THE EFFECT OF DAILY PHYSICAL ACTIVITY ON INCREASING PHYSICAL FITNESS AND ACADEMIC ACHIEVEMENT OF ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRAK
Achmad Chabibi Arif. 2021. Pengaruh Aktivitas Fisik Harian terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani dan Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ali Maksum, dan (II) Dr. Advendi Kristiandaru, S.Pd., M.Pd.
Kata-kata kunci: Aktivitas fisik harian, kebugaran jasmani, prestasi akademik.
Secara teoretik, aktivitas fisik dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan fungsi-fungsi kognitif. Siswa yang melakukan aktivitas fisik secara teratur diharapkan memiliki kebugaran dan pada saat yang sama fungsi kognitifnya bertumbuh-kembang sehingga prestasi akademiknya meningkat. Sayangnya, seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup, aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak semakin berkurang. Efektivitas pembelajaran PJOK dalam mencapai tujuannya terus dipertanyakan seiring menurunnya tingkat kebugaran siswa dan dampaknya terhadap peningkatan fungsi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aktivitas fisik harian (daily physical activity) terhadap peningkatan kebugaran dan prestasi akademik siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan matching only design. Sebagai sampel adalah 30 siswa kelas 5 SDN Pesanggrahan I, Kwanyar, Bangkalan. Sampel tersebut dibagi ke dalam dua kelompok, 15 siswa dalam kelompok eksperimen dan 15 siswa ke dalam kelompok kontrol. Perlakuan diberikan selama 8 minggu dengan tiap minggunya 3 kali pertemuan. Variabel kebugaran diukur dengan multistage fitness test, sementara itu, variabel prestasi akademik diukur dengan serangkaian soal yang disusun oleh guru. Pengolahan data dilakukan dengan analisis kovarian (Anacova) dengan menggunakan hasil pretest sebagai kovariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik harian dapat meningkatkan kebugaran jasmani (F=45,91; p< 0,01) dan prestasi akademik siswa (F=7,72; p< 0,01). Kelompok eksperimen menunjukkan kebugaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok Kontrol (F=100,91; p<0,01). Kelompok eksperimen juga menunjukkan prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol (F=19,45; p<0,01). Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan aktivitas fisik harian selama 2 bulan terbukti efektif meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi akademik siswa kelas V SDN Pesanggrahan I, Kwanyar, Bangkalan.
ABSTRACT
Achmad Chabibi Arif. 2021. The Effect of Daily Physical Activity on Increasing Physical Fitness and Academic Achievement of Elementary School. Thesis, Sports Education Study program, Postgraduate State University of Surabaya. Supervisor: (1) Prof. Dr. Ali Maksum, and (II) Dr. Advendi Kristiandaru, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Daily physical activity, physical fitness, academic achievement.
Theoretically, physical activity can improve physical fitness and cognitive functions. Students who do physical activity regularly are expected to have fitness and at the same time their cognitive function to develop so that their academic achievement increases. Unfortunately, as technology advances and lifestyle changes, children's physical activity is decreasing. The effectiveness of physical education learning in achieving its goals continues to be questioned as to the level of student fitness decreases and its impact on improving cognitive function. This study aims to examine the effect of daily physical activity on increasing students' fitness and academic achievement.
The research method used is quasi-experimental with a matching-only design. As a sample, 30 grade 5 students of SDN Pesanggrahan I, Kwanyar, Bangkalan. The sample was divided into two groups, 15 students in the experimental group and 15 students in the control group. The treatment was given for 8 weeks with 3 meetings per week. The fitness variable was measured by a multistage fitness test, meanwhile, the academic achievement variable was measured by a series of questions prepared by the teacher. Data processing was carried out by analysis of covariance (ANCOVA) using the results of the pretest as covariates.