PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MEMBUAT DESAIN BLUS DI KELAS XI SMK KEAHLIAN TATA BUSANA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULES FOR BLUSING DESIGN IN CLASS XI OF CLOTHING SKILLS VOCATIONAL SCHOOL
E-modul interaktif sebagai salah satu media pembelajaran yang mengandung materi, simulasi video, evaluasi belajar, serta tambahan fitur seperti permainan yang dirancang secara sistematis agar dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar mandiri. Adanya inovasi e-modul interaktif menjadikan minat belajar dan keaktifan akan pemahaman materi oleh peserta didik semakin meningkat. Berbagai fitur yang ada didalam e-modul interaktif dapat di manfaatkan juga untuk mengukur kemampuan peserta didik sehingga dapat memudahkan guru untuk menilai dan memberi bimbingan praktik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan e-modul interaktif , mengetahui tingkat kelayakan e-modul, dan juga mendeskripsikan respon pesera didik kelas XI SMK Keahlian Tata Busana. Model ADDIE digunakan dalam penelitian pengembangan ini untuk menjelaskan terkait analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data diperoleh dari metode dokumentasi dan angket Validator e-modul, ditentukan sebanyak 4 ahli dibidang media, materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Proses pengembangan e-modul interaktif dibantu aplikasi power point dalam proses menyusun materi sekaligus membuat desain dalam e-modul, dan flip pdf corporate untuk mengubah e-modul menjadi e-modul interaktif yang dapat di akses dengan mudah sebagai alternatif media pembelajaran, 2)Tingkat kelayakan e-modul interaktif pembuatan desain blus bagi peserta didik kelas XI SMK Keahlian Tata Busana di kategorikan sangat layak dengan indikator tingkat kelayakan media 92,5% , juga kelayakan materi dan bahasa sebesar 93,34%, dan 3)respon siswa terhadap penerapan e-modul interaktif membuat desain blus sebesar 89,10% dengan kriteria respon sangat baik
Interactive e-module as one of the learning media that contains material, video simulation, learning evaluation, and additional features such as games that are systematically designed in order to facilitate students in independent learning. The existence of interactive e-module innovation makes learning interest and activeness in understanding the material by students increasing. Various features in the interactive e-module can also be used to measure the ability of students so that it can make it easier for teachers to assess and provide practical guidance to students. The purpose of this study is to describe the process of developing interactive e-modules, to determine the feasibility level of e-modules, and also to describe the responses of students in class XI of SMK Keahlian Tata Clothing. The ADDIE model is used in this development research to explain the analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection was obtained from the method of documentation and questionnaires. Validator e-module, determined as many as 4 experts in the field of media, materials and language. The results showed that: 1) The interactive e-module development process was assisted by the power point application in the process of compiling materials while making designs in the e-module, and flip the corporate pdf to convert the e-module into an interactive e-module that can be accessed easily as an e-module. alternative learning media, 2) The level of feasibility of interactive e-modules for making blouse designs for class XI students of Vocational High School Fashion Design is categorized as very feasible with an indicator of media feasibility level of 92.5%, also material and language feasibility of 93.34%, and 3) student responses to the application of interactive e-modules to make blouse designs are 89.10% with very good response criteria